Cara Memperbaiki Mesin Jahit Manual Butterfly dengan Benar

Yups, Alhamdulillah saya masih diberikan kesempatan oleh Allah swt. untuk berbagi dengan kalian semua mengenai info seputar mesin. Meski sebenarnya hari, saya mengalami sesuatu yang tidak nyaman, namun itu semua masih harus kita syukuri. Baiklah, masuk kepada pembahasan inti kita, yakni tentang “Cara Memperbaiki Mesin Jahit Manual Butterfly dengan Benar”. Kami harap artikel ini bisa menjadi sangat bermanfaat bagi kalian semua, terutama yang memiliki mesin jahit manual jenis butterfly ini. Yah, namun sayangnya, kami belum bisa memaparkan cara pakai mesin jahit tersebut.

Katanya, hanya segelintir orang yang mengetahui cara memperbaiki mesin jahit manual jenis Butterfly ini, meski yang tahu cara pakai mesin jahit ini sebenarnya ada banyak. Nah, mesin jahit jenis ini memang memiliki banyak penggemar, salah satu alasannya yah  karena harganya yang cukup terjangkau.

Sekilas mengenai mesin jahit butterfly

Seperti yang kami katakan, meski banyak orang yang tahu cara menggunakannya, tak banyak dari pengguna mesin jahit yang mampu memperbaikinya jika terjadi masalah alias kerusakan pada mesin jahit ini. Seperti halnya dengan peralatan lain, mesin ini juga memiliki banyak pengguna akan tetapi cuma sedikit yang bisa memperbaiki.

Baca juga: Tutorial Cara Membongkar Mesin Semua Jenis Sepeda Motor

Nah, kalau kalian juga termasuk pengguna mesin jenis butterfly ini, maka kami sarankan agar kalian mencoba untuk mempelajarinya saat terjadi kerusakan/ masalah sendiri secara mendiri lewat artikel yang kami siapkan. Dengan demikian, kalian sudah bisa menjadi seorang professiona, cieeee… untuk menjadi tukang service mesin jahit ini. Tidak, maksud saya kalian sudah tidak perlu lagi untuk memanggil bantuan tukang hanya untuk memperbaikinya. So, congratulation!!

Sebenarnya masih ada banyak pembahasan terkait dengna topik mesin jahir seperti cara memperbaiki mesin jahit singer manual, mesin jahit portable, jahit mini portable, cara menggunakan mesin jahit manual, harga mesin jahit butterfly manual baru, cara servis hingga mesin jahit panggilan. Namun kami belum bisa memaparkannya sekarang ini.

Mesin jahit sendiri tersedia dalam banyak pilihan, mulai dari jenis sampai brand. Untuk mesin jahit Butterfly sendiri tidak hanya tersedia dalam pilihan manual saja, ada juga yang portabel. Butterfly sendiri merupakan brand yang sangat populer di Indonesia. Banyak penjahit yang menggunakan mesin jahit ini. Mesin jahit Butterfly terkenal dengan kualitasnya yang cukup bagus serta ditawarkan dengan harga murah. Baik untuk mesin jahit manual ataupun mesin jahit portabel, harganya cukup terjangkau. Selain itu, mesin jahit Butterfly juga cukup mudah digunakan bahkan bagi para pemula.

Panduan Cara Memperbaiki Mesin Diesel Dongfeng Terbaru

Megapa mesin Butterfly ini banyak dipakai?

Yah, karena banyak kelebihan yang dimiliki oleh mesin ini sehingga mesin jahit Butterfly menjadi mesin jahit idaman bagi masyarakat Indonesia. Sayang, penggunanya tak sebanayak CS nya yah pemirsa, tuh cuman dikit aja yang tahu cara perbaikinya. Berdoalah semoga setelah membaca artikel ini, kalian sudah bisa memperbaiki sendiri mesin jahit butterfly kalian yah pemirsa

Trik Tutorial dalam mengati kerusakan pada mesin jahit manual butterfly ini

1. Mesin yang berisik dan bunyinya jelek

Mesin menjadi tidak lancar alis tersangkut dikarenakan dalam mesin jahit yang kering (kurang mendapat minyak pelumas) ataukah ada sisa benang-benang yang lepas dan tersangkut pada mesin. Kemungkinan banyak nya debu dan sisa serat kain pada gigi mesin bisa menjadi biang kerok masalah ini.

Solusinya nih yah guys, kalian sebaiknya membersihkan mesin jahit dari serat-serat kain dan benang yang tertinggal pada celah celah gigi mesin dengan menggunakan kuas. Yang kedua, silahkan buat minyak mesin. Nah, minyak mesin ini apa yah?

Minyak mesin, yah minyak yang bisa membuat mesin lebih cepat, yah lebih cocok ke pelumas mesin yah…

Caranya?

Simple kok, kalian cukup mencampur minyak kelapa dengan minyak tanah guys. Jadilah minyak mesin, hehehhe

Jadinya, berikanlah minyak pelumas ini pada throat plate (penutup gigi) dengan pelumas yang berkualitas baik. Kalau perlu, kalian sebaiknya melepaskan penutup gigi sebelum membersihkan mesin dengan melepaskan kan dua buah baut yang terpasang pada penutup gigi.

Terkhir nih, tentunya sebaiknya kalian memberikan minyak msin pada bagian-bagian mesin yang menimbulkan gesekan saat mesin berputar. Lanjut…

Penting!!!! Cara Memperbaiki Mesin Jahit yang Rusak Dengan Tepat

2. Benang jahitan bagian atas yang sering putus

Masalah pertama yang sering muncul adalah putusnya benang jahitan yang sering sekali terjadi. Penyebab masalah ini bisa disebabkan oleh benang jahit yang tersangkut akibat menjahit dengan arah salah. Selain itu, penyebab lainnya bisajuga dikarenakan memasang jarum terlalu ke bawah menyebabkan ketegangan benang terlalu besar dan gampang putus.

Selanjutnya, benang terlalu kasar atau terlalu halus juga bisa menjadi alasan terjadinya gangguan ini. Ketidak sesuaian dengan jenis kain yang dijahit, serasikan antara benang dan kain yang dijahit, serta nomer jarumnya juga termasuk penyebab lainnya.

Olehnya itu, cara mengatasi hal ini adalah dengan memastikan putaran roda mesin agar tidak terbalik meski hanya sebentar (beberapa putaran) saja. Perhatikan posisi jarum mesin jahit apakah sudah tepat pada tempatnya atau belum, tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Selain itu, jangan lupa untuk sesuaikan nomor benang dan nomor jarum sesuai dengan kain yang dijahit.

3. Hasil jahitan yang mengerut secara merata

Adanya kerutan pada kain hasil jahitan disebabkan oleh kuatnya tegangan benang secara berlebihan. Pada dasarnya, hal ini juga dikarenakan adanya kesalahan pada pemasangan benang bawah, mungkin spulnya yang terbalik atau kah benangnya yang tidak melewati jalan yang benar sehingga ketegangan benang bawah menjadi terlalu kuat, tetapi diimbangi dengan cara memutar pengatur ketegangan benang atas hingga ketegangan benangnya menjadi seimbang.

Alhasil, ketegangan benang atas dan bawah menjadi seimbang namun ketegangan benangnya menjadi terlalu kuat. Nah, hasil jahitan yang terlalu kuat inilah yang menyebabkan kain hasil jahitan menjadi berkerut-kerut merata sepanjang jahitan.

Jangan lupa: Bagaimana Cara Kerja Mesin Pembuat Es Krim dan Komponennya?

Cara mengatasi masalah ini yakni dengan memeriksa kembali sekoci mesin. Ingat, kalian sebaiknya memastikan posisi benang bawah yang sudah mapan tidak terlalu seret tarikannya. Kedua, putarlah ke kiri pengatur ketegangan benang atas hingga keseimbangan ketegangan benang serasi dengan benang bawah.

4. Benang jahit bawah yang sering putus

Nah, penyebab masalah benang jahit bawah yang putus adalah tidak rapinya gulungan benang bawah pada spul/kumparan. Selain itu, masalah tersebut juga bisa disebabkan oleh besarnya tegangan benang pada sekoci dan putaran benang bawah yang kebalik (seharusnya putaran kumparan benang berlawanan arah jarum jam). Terakhir bisa disebabkan karena jalur benang yang tidak sempurna saat melewati rumah sekoci.

Solusinya adalah, silahkan periksa pemasangan spul benangnya pada sekoci. Jika kalian menarik benang, maka pastikan arah putaran spul berlawanan arah jarum jam. Yang kedua adalah dengan memastikan jalur benang bawah yang telah terpasang melewati rumah sekoci dengan benar.

5. Hasil jahitan yang mengerut dan tidak merata

Hasil jahitan yang tidak rata dan loncat- loncat disebabkan karena tumpulnya jarum pada mesin jahit, sehingga mesin menjadi bermasalah dan tentunya tidak tajam lagi. Saat jarum tersebut jatuh pada sela- sela kain yang dijahit, maka hasilnya jahitan akan normal.

Namun, ketika yang jatuh tersebut adalah jarum yang tumpul, maka kain akan tertarik ikut benang tumpul dan terjadi lah kerutan pada kain jahitan. Itulah sebabnya hasil jahitan menjadi kerut dan meloncat-loncat.

Yah cara ngatasinnya yah tinggal ganti aja jarumnya ke jarum jahit baru lagi, harganya tidak seberapa loh pemirsa. Senantiasalah memilih jarum yang berkualitas demi terciptanya hasil yang baik dan berkualitas tinggi pula.

6. Jarum yang mudah patah

Nah, biasanya yang menjadi penyebab jarum mesin butterfly sering patah adalah karena tidak adanya kesesuaian anatara bahan yang akan dijahit dengan besar jarum penjahit. Sehingga menjadikan jarum sering patah.

Olehnya itu, kalian sebaiknya memeriksa bahan tersebut, apakah bahannya terlalu tebal sehingga jarum tidak kuat untuk menahannya. Atau bisa juga karena alasan lain, seperti pemasangan jarum yang kurang tepat. Jangan lupa untuk memeriksa sekoci terbentuk jarum, hal itu juga bisa menjadikan jarum mudah patah.

Demikianlah artikel kami kali yah pemirsa, semoga bermanfaat dan salam sukses..

Terima kasih

One Reply to “Cara Memperbaiki Mesin Jahit Manual Butterfly dengan Benar”

  1. Kenapa benang jahit bagian atas selalu putus ?
    Terkadang hasil jahitan yang tidak rapii?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *