Berikut Cara Kerja AC Split Duct dan Inverter!!

Yups pemirsa, kali ini, mimin masih diberi kesehatan buat update artikel baru tentang info mesin ini. Nah, kali ini, kami datang dengan membawa sajian tentang cara kerja AC Split Duct dan Inverter, jadi yah, buat kalian yang betul2 ingin tahu informasi ini, silahkan disimak baik baik yah. hehehhe

Baiklah langsung saja ke inti pembahasan kita yah pemirsa, dimulai dari

Cara Kerja AC Split Duct

Baiklah, apa sih itu sistem ducting AC itu? Bagaimana cara kerjanya?

Tenang….

Ternyata, sistem ducting AC atau yang sering disebut dengan “Air Handling System” adalah bagian yang sangat penting dalam sistem AC dan berfungsi sebagai penghantar udara yang berasala dari sumber suhu ke ruang yang akan dikondisikan. Nah, namun perkembangan desain ducting AC sampai sekarang dipengaruhi oleh tuntutan efisiensi, khususnya efisiensi pada penggunaan energi, materi, ruang, dan perawatan.

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Manual Butterfly dengan Benar

Di samping tuntutan efisiensi, kenyamanan, kesehatan dan keselamatan juga menjadi sesuatu yang sangat didambakan bagi penggunanya. Karena itulah desain Ac split duct ini meliputi desain kebutuhan ventilasi, filtrasi, dan humidity.

Source: service ac.web.id

Cara Kerja AC Split Inverter

Ternyata, saat pendingin udara inverter aktif, kompresor akan beroperasi pada kecepatan yang tinggi guna mendinginkan ruangan dengan cepat. Dan setelah suhu ruangan tersebut sudah hampir sampai pada suhu yang telah diatur, maka kompresor akan menjadi lebih lambat, dan mempertahankan suhu konstan guna menghemat energi. Kerennya lagi pemirsa, suhu ruangan yang naik turun tidak menentu akan terdeteksi dan kompresor ini akan menjadikan suhu tersebut kembali normal sesuai yang telah diatur.

Universitas Dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Kelebihannya, penggunaan AC inverter bisa menghemat penggunaan listrik hingga 30-50% ketika beroperasi daripada AC Non Inverter. Fungsi dari inverter AC adalah mengontrol kecepatan motor kompresor dalam mengendalikan aliran refrigeran dalam sistem AC dan mengatur suhu ruang-AC.

Kelebihan AC inverter

Berdasarkan harganya, AC Inverter dengan banyak kelebihan tentunya lebih mahal dibandingkan dengan AC non inverter. Apa saja sih kelebihannya?

  • Menghabiskan lebih sedikit daya
  • Lebih cepat mencapai suhu yang diinginkan
  • Waktu start up berkurang hingga 30%
  • Lebih tenang dan tidak berisik
  • Tidak ada fluktuasi suhu, memaksimalkan tingkat kenyamanan
  • Tidak ada tegangan puncak dari kompresor

Intinya, AC inverter ini lebih bagus karena dapat mengurangi tagihan energi listrik kalian. Jadi ada baiknya jika kalian membayar lebih untuk sebuah AC inverter sehingga kalian dapat merasakan manfaatnya kemudian.

Barang kali ada yang ingin mengetahui informasi tambahan, tentang cara kerja kipas angin model ac split, dimana model kipas angin ini dibentuk dari sebuah indoor AC yg memiliki evapurator/ pipa tembaga yang bocor dan rusak. Namun, modul ataupun kipasnya masih bisa berfungsi dengan baik sehingga cara kerja dan kegunaanya sama halnya dengan AC pada umumnya, yakni dapat mengatur kecepatan kipas, timer, fungsi swing dan sebagainya.

Dan mengenai prinsip kerja ac sentral, silahkan searching di google yah 🙂

Baiklah, terima kasih dan salam yahh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *