Prinsip Cara Kerja Mesin ATM Mengeluarkan Uang

Yups, selamat datang pemirsa, yah semoga sehat- sehat saja yah. Alhamdulillah, saya masih diberikan kesempatan untuk berbagi pengetahuan dengan kalian. Kebetulan kali ini, say sedang menyiapkan sajian terkait dengan cara kerja mesin ATM, namun sayang yah penjelasan saya tidak sampai mendetail hingga penjelasan mengenai servernya. Jadi saya mohon maaf sebesar besarnya, bilamana dalam artikel ini terdapat banyak kekurangan, seperti yang telah saya katakan tadi.

Lanjut….Dalam kehidupan kita sehari-hari, tentunya nama ATM alias Automatic Teller Machine sudah tidak asing lagi terdenganr di telinga, apalagi bagi mereka yang yang tinggalnya di perkotaan, huu.. Mungkin sudah bosan yah dengan istilah singkatan ATM ini. Benar, bukan main ATM ini adalah salah atu aspek yang tidak bisa dilepaskan dari dunia kita. Bayangkan, kita bisa memindahkan uang dalam jumlah yang besar, tanpa menghiraukan jaraknya. Itulah mengapa ATM bisa menjadi sepopuler itu. Tak jarang orang/ pemjahat mencari cara untuk membobol/ hack mesin ATM ini.Wah…..

Seperti yang saya telah katakan sebelumnya, dengan adanya perkembangan pada bidang teknologi, transaksi jarak jauh sudah tidak menjadi masalah lagi, tentunya beda dengan dulu kan. Sekarang ATM yang dilengkapi dengan sensor ini dapat melakukan banyak hal, mulai dari penarikan tunai, transfer, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, bahkan setoran tunai maupun cetak buku dapat dilakukan di ATM.

Pertanyaannya, tahukah kalian bagaimana dengan cara kerja mesin ATM ini? Yah, sekali lagi maaf, karena kami tidak dapat membuatnya menjadi selengkap mungkin hingga membahas spesifikasi mesin ATM, letak sensor ATM, hingga bagian dalam mesin ATM ini.

Sekilas mengenai mesin ATM

Lucunya, ada orang yang berpikiran bahwa di dalam ATM terdapat orang yang duduk yang selalu mengeluarkan uang, hahhahaha. Kemudian, jika ada orang yang ingin mengambiluang, itu harus dihitung terlebih dahulu baru kemudian dikeluarkan dan diberikan bukti penarikan alias resi? Apakah kalian berpikirian sedemikian rupa?

Baca juga  Trik Cara Membobol Mesin Dingdong Terbaru Work!!!

Mungkin orang yang berpikiran seperti itu mempunyai daya khayal yang tinggi, hehehe. Yah tentu tidak seperti itulah pemirsa. ATM terdiri komponen- komponen tertentu, seperti kotak ATM, tombol angka, layer monitor dan kamera (optional), yang biasa nampak dari luar maupun komponan dalam ATM seperti 1 unit computer CPU, key board, modem, kota uang, printer kecil dan card reader.

Cara menggunakan mesin ATM untuk mengeluarkan uang

Nah, masuk kepada intinya, sebenarnya cara kerja mesin ATM ini sangatlah sederhana dan mudah, namun masih banyak saja yang belum mengetahuinya seperti deskripsi orang yang menghayal di ats, xixixi. dan sebagai informasi pelengkap, kami juga akan membawakan sajian mengenai cara menggunakan mesin ATM. Jadi, di sampig cara kerja, cara menggunakannya juga akan kami bahas.

Intinya, apabila kalian ingin bertransaksi dengan menggunakan mesin ATM, kalian bisa melakukan langkah di bawah ini….

  1. Masukkan kartu ATM kalian ke dalam mulut mesin ATM, kalian bisa melihat nya dengan jelas.

    Mulut mesin ATM

  2. Setelah kartu ATM masuk ke mesin ATM, selanjutnya magnetic card reader yang ada pada mesin akan membaca kartu kalian. Sediki informasi mengenai megnetic card reader ini, berperan sebagai pembaca dan penerima data kartu dimana setelah itu data akan dikirimkan ke sistem komputerisasi bank.
  3. Setelah mesin berhasil membaca data dari kartu ATM kalian, selanjutnya kalian akan diminta untuk memasukkan nomor PIN (Personal Identification Number). PIN ini dibuat pada saat kalian membuka rekening dan membuat kartu ATM, tentunya PIN ini tidaklah terdapat pada kartu ATM anda, melainkan kalian harus menghapalnya dan memasukkannya. Jangan sampai kalian melupakan PIN kalian.
  4. Selanjutnya, data PIN akan diacak (di-encrypt) dengan rumus tertentu dan dikirim ke sistem komputerasi di bank yang bersangkutan. Pengacakan data pada PIN bertujuan agar data-data kalian aman dan tidak terbaca oleh pihak lain.
  5. Setelah data-data kalian selesai diproses oleh komputer bank, maka selanjutnya data-data kalian tadi akan dikirim kembali ke mesin ATM. Di sinilah proses utamanya berlangsung. Kalian akan memperoleh apa yang kalian ingin lakukan di mesin ATM seperti penarikan uang tunai, cek saldo, transfer tunai, setoran tunai dan sebagainya.
  6. Silahkan lakukan transaksi apa yang anda inginkan, anda juga bisa membayar pembayaran dengan beragam jenis pada mesin ATM yang canggih tersebut.
  7. Jangan lupa untuk mengambil kartu ATM kalian setelah melakukan transaksi dan hati- hati dengan penipuan.

Jangan lupa untuk membaca: Tutorial Cara Setting Mesin Absensi Fingerprint Dengan Mudah

Ternyata terdapat garis yang dinamakan Magnetic Chip pada kartu ATM yang berfungsi sebagai sensor pendeteksi identitas pemilik kartu ATM. Magnetic Chip ini sangatlah sensitif dengan berbagai keadaan. Seperti ketika Magnetic Chip ini tergesek oleh sebuah benda, maka bisa saja Magnetic Chip tersebut akan kehilangan fungsinya. Yah, pooknya magnetic ini sensitif banget loh pemirsa. Jadi harus hati- hati yah..

Sedikit tips dari kami, ada dua hal utama yang harus kalian perhatikan dan jaga untuk mecegah hal – hal yang tak diinginkan, seperti penipuan.

Apa itu?

yah, Kartu ATM dan PIN nya…

Kedua perangkat saling berhubungan sehingga kalian harus selalu mengingat PIN number kalian dan memastikan agar kartu ATM tetap aman. Untuk itu, sebisa mungkin untuk tidak meminjamkan Kartu ATM kalian kepada orang asing untuk kepentingan apapun, meski dia berusaha untuk membantu kalian. Lebih baik kalian langsung pergi saja bilamana ada orang yang tiba- tiba meminta PIN mu.

Kejahatan pada mesin ATM

Nah, kali ini ad loh istilah terkait kejahatan pada mesin ATM, namanya Skimming.

Apa skimmingini? bagaimana cara kerjanya?

Saldo tabungan nasabah sejumlah bank terpotong secara tiba- tiba, padahal mereka tidak melakukan transaksi apapun termasuk pengambilan uang. Nah, data pada kartu magnetik ATM ternyata dibuatkan salinan yang berfungsi seperti kartu ATM asli. Langkah selanjutnya adalah tinggal mencari tah PIN nasabah.

Tentunya dalam hal ini, para komplotan penjahat tersebut memiliki trik untuk mengetahu PIN nuber nasabah. Bahkan ada lah modus yang dilakukan ibu ibu yang nampak berhijab,  tapi dalam nya penipu. Miris….

Caranya?

Banyak caranya, biasa mereka pura- pura membantu dan menanyakan PIN, atau dengan meletakkan kamera pengintai diletakkan di posisi yang tepat di sekitar ATM sehingga angka yang dimasukkan nasabah saat bertransaksi dapat terlihat. Biasa juga dengan cara mengintip saat nasabah memasukkan nomor PIN.

Dengan metode tersebut, berarti penjahat telah memiliki kartu ATM hasil kloning yang berisi data yang sama dengan kartu ATM asli milik Anda dan nomor PIN yang tepat, sehingga mereka bisa bertransaksi dengan menggunakan rekening Anda. Akibatnya, bila mereka mengambil uang dari rekening kalian, berarti uang kalian di bank berkurang.

Bahaya…

Seperti penjelasan di atas, ada banyak orang yang mencari cara untuk membobol atau hack mesin atm. Saya tidak tahu alasannya, mungkin untuk sekedar hanya ingin tahu, ataukah ada tujuan lain, seperti karena ingin mencoba membobol. Yah, namanya membobol/hacking juga termasuk kejahatan kan. Jadi yah, kami tidak ingin membuat artikel mengenai hal ini.

Berbeda dengan membuka mesin ATM, yang biasa dilakukan oleh petugas BANK untuk mengisi uang dalam mesin atm itu sendiri. Jadi tidak masalah dengan cara membuka mesin ATM.

Baiklah, itulah informasi mengenai cara kerja mesin ATM, semoga bermanfaat dan salam sukses…

Terima kasih!!!

Baca juga  Tutorial Cara Membongkar Mesin Semua Jenis Sepeda Motor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *