Tutorial Cara Setting Mesin Absensi Fingerprint Dengan Mudah

Yups, ini adalah postingan pertama dalam blog ini. Sebenarnya saya sedikit bingung untuk menentukan tema utama alias niche blog ini. Tapi tak apalah, bukan itu yang terpenting. Yang terpenting adalah sajian yang saya bawakan bisa bermanfaat dan mengandung arti, seperti artikel dengan judul “Tutorial Cara Setting Mesin Absensi Fingerprint Dengan Mudah dan Praktis” yang kali ini sempat saay bawakan, Alhamdulillah…

Baiklah, untuk mempersingkat waktu, kita langsug saja ke topik pembahasan kita, menyangkut cara setting absensi finger print dengan cara yang sangat mudah, tanpa neko- neko dan sebagainya…

Pemirsa, pernahkah kalian mengunjungi sebuah instansi besar yang memiliki fitur dan desain yang sangat modern? Pada sudut tertentu, kalian bisa saja menemukan sebuah mesin kecil hampir mirip keyboard pada ATM yang terpampang pada tembok. Nah ternyata itulah msin yang akan kita bahsa, namanya adalah mesin absensi fingerprint dimana mesin ini termasuk dalam jenis mesin sensor. Mesin mungil ini sekilas tampak serupa dengan mesin sensor pada film Hollywood kan?

Sekilas mengenai

Sedikit informasi mengenai mesin fingerprint, mesin ini mempunyai peranan sebagai alat absensi yang secara otomatis akan mencatat kehadiran dan ketidakhadiran/absent para pegawai di kantor. Yah, pribadi di kantor bapak saya pun ada mesin ginian lahhh… Dan biasanya dia sering sebut istilah “check-in” atau apalah, saya lupa, wkwkwwk

Ternyata, meski mesin ini memiliki sensor sidik jari yang sangat canggih, biasanya cara untuk men-setting fingerprint ini kadangkala membingungkan loh pemirsa, terlebih lagi bagi orang yang pertama kali memakainya.

Wah, bagaimana dengan cara men-setting fingerprint solution dan iphone 5s? nanti yah, in sya Allah kalau ada waktu, saya akan buat artikel mengenai hal itu. Untuk kali ini, saya akan membahas tentang cara setting mesin absensi fingerprint.

Baca juga  Panduan Cara Memperbaiki Mesin Diesel Dongfeng Terbaru

Baca juga: Cara Memperbaiki Mesin Jahit Manual Butterfly dengan Benar

Ternyata, banyak juga orang mencari cara mengakali fingerprint, cara kerja fingerprint, cara merusak fingerprint. Tapi semua itu, belum sempat kami paparkan…

Langsung saja…

Cara Setting Mesin Absensi Fingerprint Dengan Mudah dan Praktis

Nah, ternyata cara setting mesin absensi fingerprint ini  tidak instan dan tentunya terdapat langkah- langkah yang harus anda tempuh. Akan tetapi tenang saja pemirsa, jangan langsung merasa antipasti pada perkembangan teknologi hanya karena kalian tidak bisa mengetahui caranya bekerja. Kami hadir dengan membawa sajian tentang solusi masalah anda…

Berikut cara settingnya….

1. Saat kalian menyambungkan mesin ini dengan listrik, kalian akan dimintai pendaftaran pada mesin. Nah, aturlah sesuai dengan serial dan LAN (ethernet). Selain itu, jangan lupa untuk mendaftarkan nomor seri mesin fingerprint kalian sesuai dengan prosedur yang akan muncul pada layar tersebut.

2. Setelah pendaftaran tadi sukses, maka jendela panel berisi daftar pengaturan dasar akan muncul. Nah, seperti sebelumnya, aturlah pengaturan-pengaturan dasar yang kalian butuhkan.

3. Selanjutnya, aturlah nama divisi atau nama perusahaan kalian dengan panel pengaturan–divisi atau departemen, kemudian atur pula sistem absent yang akan kalian gunakan dalam perusahaan dalam panel pengaturan — tabel waktu. Kalian juga bisa men-settingnya dengan menggunakan sistem 2x absensi yakni pagi dan sore, atau 4x absensi yaitu pagi, siang, istirahat, hingga sore.

4. Lengkapi pengaturan-pengaturan lainnya, seperti data pegawai dan sebagainya. Ingat untuk selalu menekan tombol ‘save’ tiap kali kalian melakukan perubahan pada msin finger print.

5. Nah, ini yang penting. Aktifkan sidik jari semua pegawai pada mesin sebagai data sidik jari sampel untuk dijadikan memori sidik jari pada mesin fingerprint. Ingat!!! bahwa sidik jari yang menjadi inti dan berfungsi sebagai tolok ukur daftar absensi pada mesin. Yah, logikanya, kalau tidak ada sidik jari, yah terus bukan finger print dong namanya… Dan semua itu harus direkam satu persatu pada pegawai untuk nanti chech-in pada mesinnya.

Baca juga  Prinsip Cara Kerja Mesin ATM Mengeluarkan Uang

6. Nah, setelah data sidik jari dan nama pegawai selesia untuk di-save, pilih mesin fingerprint sesuai jenis koneksi yang kalian telah pilih pada awal. Cek seluruh hal sebelum kalian menekan tombol sambung ke mesin.

7. Udah hampir selesai nih pemirsa, nantinya program akan meminta konfirmasi bahwa kegiatan kalian untuk membuat mesin fingerprint aktif adalah kegiatan legal dengan meminta konfirmasi sidik jari kalian sebanyak 3 kali. Setelah itu akan ada percobaan mesin dengan melakukan sampling absensi.

8. Selamat yah…Ketika sudah berhasil dengan beberapa sampel pegawai, kalian sudah bisa mencoba melakukan absensi dengan beberapa orang pegawai sebagai sampel. Apabila berhasil, maka cobalah pula melakukan absensi pertama kali dengan semua anggota divisi yang berada di bawahnya.

9. Yang terpenting adalah memasang mesin dengan posisi yang baik agar tetap mendapatkan sambungan daya.

baca juga: Universitas Dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Kalau kalian tidak mengerti??

Silahkan tonton video panduan tutorial cara memasang/setting mesin absensi fingerprint dari youtube…

Nah, demikianlah proses tentang cara setting mesin absensi fingerprint dengan baik dan benar. Semoga dengan adanya panduan ini, kalian lebih bisa memasang mesin finger pirnt untuk kegiatan absensi kalian dengan sukses.

Terima kasih dan salam sukses……

One thought on “Tutorial Cara Setting Mesin Absensi Fingerprint Dengan Mudah

  1. Distributor mesin absensi

    Penuhi kebutuhan mesin absensi anda dengan mesin fingerprint dari fingerspot mendukung geisa dapodik serta memiliki layanan cloud dimana anda bisa scan melalui smartphone,kebutuhan untuk sekolah pun kami melayani

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *