Berikut Cara Kerja AC Split Duct dan Inverter!!

Yups pemirsa, kali ini, mimin masih diberi kesehatan buat update artikel baru tentang info mesin ini. Nah, kali ini, kami datang dengan membawa sajian tentang cara kerja AC Split Duct dan Inverter, jadi yah, buat kalian yang betul2 ingin tahu informasi ini, silahkan disimak baik baik yah. hehehhe

Baiklah langsung saja ke inti pembahasan kita yah pemirsa, dimulai dari

Cara Kerja AC Split Duct

Baiklah, apa sih itu sistem ducting AC itu? Bagaimana cara kerjanya?

Tenang….

Ternyata, sistem ducting AC atau yang sering disebut dengan “Air Handling System” adalah bagian yang sangat penting dalam sistem AC dan berfungsi sebagai penghantar udara yang berasala dari sumber suhu ke ruang yang akan dikondisikan. Nah, namun perkembangan desain ducting AC sampai sekarang dipengaruhi oleh tuntutan efisiensi, khususnya efisiensi pada penggunaan energi, materi, ruang, dan perawatan.

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Manual Butterfly dengan Benar

Di samping tuntutan efisiensi, kenyamanan, kesehatan dan keselamatan juga menjadi sesuatu yang sangat didambakan bagi penggunanya. Karena itulah desain Ac split duct ini meliputi desain kebutuhan ventilasi, filtrasi, dan humidity.

Source: service ac.web.id

Cara Kerja AC Split Inverter

Ternyata, saat pendingin udara inverter aktif, kompresor akan beroperasi pada kecepatan yang tinggi guna mendinginkan ruangan dengan cepat. Dan setelah suhu ruangan tersebut sudah hampir sampai pada suhu yang telah diatur, maka kompresor akan menjadi lebih lambat, dan mempertahankan suhu konstan guna menghemat energi. Kerennya lagi pemirsa, suhu ruangan yang naik turun tidak menentu akan terdeteksi dan kompresor ini akan menjadikan suhu tersebut kembali normal sesuai yang telah diatur.

Universitas Dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Kelebihannya, penggunaan AC inverter bisa menghemat penggunaan listrik hingga 30-50% ketika beroperasi daripada AC Non Inverter. Fungsi dari inverter AC adalah mengontrol kecepatan motor kompresor dalam mengendalikan aliran refrigeran dalam sistem AC dan mengatur suhu ruang-AC.

Kelebihan AC inverter

Berdasarkan harganya, AC Inverter dengan banyak kelebihan tentunya lebih mahal dibandingkan dengan AC non inverter. Apa saja sih kelebihannya?

  • Menghabiskan lebih sedikit daya
  • Lebih cepat mencapai suhu yang diinginkan
  • Waktu start up berkurang hingga 30%
  • Lebih tenang dan tidak berisik
  • Tidak ada fluktuasi suhu, memaksimalkan tingkat kenyamanan
  • Tidak ada tegangan puncak dari kompresor

Intinya, AC inverter ini lebih bagus karena dapat mengurangi tagihan energi listrik kalian. Jadi ada baiknya jika kalian membayar lebih untuk sebuah AC inverter sehingga kalian dapat merasakan manfaatnya kemudian.

Barang kali ada yang ingin mengetahui informasi tambahan, tentang cara kerja kipas angin model ac split, dimana model kipas angin ini dibentuk dari sebuah indoor AC yg memiliki evapurator/ pipa tembaga yang bocor dan rusak. Namun, modul ataupun kipasnya masih bisa berfungsi dengan baik sehingga cara kerja dan kegunaanya sama halnya dengan AC pada umumnya, yakni dapat mengatur kecepatan kipas, timer, fungsi swing dan sebagainya.

Dan mengenai prinsip kerja ac sentral, silahkan searching di google yah 🙂

Baiklah, terima kasih dan salam yahh

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Manual Butterfly dengan Benar

Yups, Alhamdulillah saya masih diberikan kesempatan oleh Allah swt. untuk berbagi dengan kalian semua mengenai info seputar mesin. Meski sebenarnya hari, saya mengalami sesuatu yang tidak nyaman, namun itu semua masih harus kita syukuri. Baiklah, masuk kepada pembahasan inti kita, yakni tentang “Cara Memperbaiki Mesin Jahit Manual Butterfly dengan Benar”. Kami harap artikel ini bisa menjadi sangat bermanfaat bagi kalian semua, terutama yang memiliki mesin jahit manual jenis butterfly ini. Yah, namun sayangnya, kami belum bisa memaparkan cara pakai mesin jahit tersebut.

Katanya, hanya segelintir orang yang mengetahui cara memperbaiki mesin jahit manual jenis Butterfly ini, meski yang tahu cara pakai mesin jahit ini sebenarnya ada banyak. Nah, mesin jahit jenis ini memang memiliki banyak penggemar, salah satu alasannya yah  karena harganya yang cukup terjangkau.

Sekilas mengenai mesin jahit butterfly

Seperti yang kami katakan, meski banyak orang yang tahu cara menggunakannya, tak banyak dari pengguna mesin jahit yang mampu memperbaikinya jika terjadi masalah alias kerusakan pada mesin jahit ini. Seperti halnya dengan peralatan lain, mesin ini juga memiliki banyak pengguna akan tetapi cuma sedikit yang bisa memperbaiki.

Baca juga: Tutorial Cara Membongkar Mesin Semua Jenis Sepeda Motor

Nah, kalau kalian juga termasuk pengguna mesin jenis butterfly ini, maka kami sarankan agar kalian mencoba untuk mempelajarinya saat terjadi kerusakan/ masalah sendiri secara mendiri lewat artikel yang kami siapkan. Dengan demikian, kalian sudah bisa menjadi seorang professiona, cieeee… untuk menjadi tukang service mesin jahit ini. Tidak, maksud saya kalian sudah tidak perlu lagi untuk memanggil bantuan tukang hanya untuk memperbaikinya. So, congratulation!!

Sebenarnya masih ada banyak pembahasan terkait dengna topik mesin jahir seperti cara memperbaiki mesin jahit singer manual, mesin jahit portable, jahit mini portable, cara menggunakan mesin jahit manual, harga mesin jahit butterfly manual baru, cara servis hingga mesin jahit panggilan. Namun kami belum bisa memaparkannya sekarang ini.

Mesin jahit sendiri tersedia dalam banyak pilihan, mulai dari jenis sampai brand. Untuk mesin jahit Butterfly sendiri tidak hanya tersedia dalam pilihan manual saja, ada juga yang portabel. Butterfly sendiri merupakan brand yang sangat populer di Indonesia. Banyak penjahit yang menggunakan mesin jahit ini. Mesin jahit Butterfly terkenal dengan kualitasnya yang cukup bagus serta ditawarkan dengan harga murah. Baik untuk mesin jahit manual ataupun mesin jahit portabel, harganya cukup terjangkau. Selain itu, mesin jahit Butterfly juga cukup mudah digunakan bahkan bagi para pemula.

Panduan Cara Memperbaiki Mesin Diesel Dongfeng Terbaru

Megapa mesin Butterfly ini banyak dipakai?

Yah, karena banyak kelebihan yang dimiliki oleh mesin ini sehingga mesin jahit Butterfly menjadi mesin jahit idaman bagi masyarakat Indonesia. Sayang, penggunanya tak sebanayak CS nya yah pemirsa, tuh cuman dikit aja yang tahu cara perbaikinya. Berdoalah semoga setelah membaca artikel ini, kalian sudah bisa memperbaiki sendiri mesin jahit butterfly kalian yah pemirsa

Trik Tutorial dalam mengati kerusakan pada mesin jahit manual butterfly ini

1. Mesin yang berisik dan bunyinya jelek

Mesin menjadi tidak lancar alis tersangkut dikarenakan dalam mesin jahit yang kering (kurang mendapat minyak pelumas) ataukah ada sisa benang-benang yang lepas dan tersangkut pada mesin. Kemungkinan banyak nya debu dan sisa serat kain pada gigi mesin bisa menjadi biang kerok masalah ini.

Solusinya nih yah guys, kalian sebaiknya membersihkan mesin jahit dari serat-serat kain dan benang yang tertinggal pada celah celah gigi mesin dengan menggunakan kuas. Yang kedua, silahkan buat minyak mesin. Nah, minyak mesin ini apa yah?

Minyak mesin, yah minyak yang bisa membuat mesin lebih cepat, yah lebih cocok ke pelumas mesin yah…

Caranya?

Simple kok, kalian cukup mencampur minyak kelapa dengan minyak tanah guys. Jadilah minyak mesin, hehehhe

Jadinya, berikanlah minyak pelumas ini pada throat plate (penutup gigi) dengan pelumas yang berkualitas baik. Kalau perlu, kalian sebaiknya melepaskan penutup gigi sebelum membersihkan mesin dengan melepaskan kan dua buah baut yang terpasang pada penutup gigi.

Terkhir nih, tentunya sebaiknya kalian memberikan minyak msin pada bagian-bagian mesin yang menimbulkan gesekan saat mesin berputar. Lanjut…

Penting!!!! Cara Memperbaiki Mesin Jahit yang Rusak Dengan Tepat

2. Benang jahitan bagian atas yang sering putus

Masalah pertama yang sering muncul adalah putusnya benang jahitan yang sering sekali terjadi. Penyebab masalah ini bisa disebabkan oleh benang jahit yang tersangkut akibat menjahit dengan arah salah. Selain itu, penyebab lainnya bisajuga dikarenakan memasang jarum terlalu ke bawah menyebabkan ketegangan benang terlalu besar dan gampang putus.

Selanjutnya, benang terlalu kasar atau terlalu halus juga bisa menjadi alasan terjadinya gangguan ini. Ketidak sesuaian dengan jenis kain yang dijahit, serasikan antara benang dan kain yang dijahit, serta nomer jarumnya juga termasuk penyebab lainnya.

Olehnya itu, cara mengatasi hal ini adalah dengan memastikan putaran roda mesin agar tidak terbalik meski hanya sebentar (beberapa putaran) saja. Perhatikan posisi jarum mesin jahit apakah sudah tepat pada tempatnya atau belum, tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Selain itu, jangan lupa untuk sesuaikan nomor benang dan nomor jarum sesuai dengan kain yang dijahit.

3. Hasil jahitan yang mengerut secara merata

Adanya kerutan pada kain hasil jahitan disebabkan oleh kuatnya tegangan benang secara berlebihan. Pada dasarnya, hal ini juga dikarenakan adanya kesalahan pada pemasangan benang bawah, mungkin spulnya yang terbalik atau kah benangnya yang tidak melewati jalan yang benar sehingga ketegangan benang bawah menjadi terlalu kuat, tetapi diimbangi dengan cara memutar pengatur ketegangan benang atas hingga ketegangan benangnya menjadi seimbang.

Alhasil, ketegangan benang atas dan bawah menjadi seimbang namun ketegangan benangnya menjadi terlalu kuat. Nah, hasil jahitan yang terlalu kuat inilah yang menyebabkan kain hasil jahitan menjadi berkerut-kerut merata sepanjang jahitan.

Jangan lupa: Bagaimana Cara Kerja Mesin Pembuat Es Krim dan Komponennya?

Cara mengatasi masalah ini yakni dengan memeriksa kembali sekoci mesin. Ingat, kalian sebaiknya memastikan posisi benang bawah yang sudah mapan tidak terlalu seret tarikannya. Kedua, putarlah ke kiri pengatur ketegangan benang atas hingga keseimbangan ketegangan benang serasi dengan benang bawah.

4. Benang jahit bawah yang sering putus

Nah, penyebab masalah benang jahit bawah yang putus adalah tidak rapinya gulungan benang bawah pada spul/kumparan. Selain itu, masalah tersebut juga bisa disebabkan oleh besarnya tegangan benang pada sekoci dan putaran benang bawah yang kebalik (seharusnya putaran kumparan benang berlawanan arah jarum jam). Terakhir bisa disebabkan karena jalur benang yang tidak sempurna saat melewati rumah sekoci.

Solusinya adalah, silahkan periksa pemasangan spul benangnya pada sekoci. Jika kalian menarik benang, maka pastikan arah putaran spul berlawanan arah jarum jam. Yang kedua adalah dengan memastikan jalur benang bawah yang telah terpasang melewati rumah sekoci dengan benar.

5. Hasil jahitan yang mengerut dan tidak merata

Hasil jahitan yang tidak rata dan loncat- loncat disebabkan karena tumpulnya jarum pada mesin jahit, sehingga mesin menjadi bermasalah dan tentunya tidak tajam lagi. Saat jarum tersebut jatuh pada sela- sela kain yang dijahit, maka hasilnya jahitan akan normal.

Namun, ketika yang jatuh tersebut adalah jarum yang tumpul, maka kain akan tertarik ikut benang tumpul dan terjadi lah kerutan pada kain jahitan. Itulah sebabnya hasil jahitan menjadi kerut dan meloncat-loncat.

Yah cara ngatasinnya yah tinggal ganti aja jarumnya ke jarum jahit baru lagi, harganya tidak seberapa loh pemirsa. Senantiasalah memilih jarum yang berkualitas demi terciptanya hasil yang baik dan berkualitas tinggi pula.

6. Jarum yang mudah patah

Nah, biasanya yang menjadi penyebab jarum mesin butterfly sering patah adalah karena tidak adanya kesesuaian anatara bahan yang akan dijahit dengan besar jarum penjahit. Sehingga menjadikan jarum sering patah.

Olehnya itu, kalian sebaiknya memeriksa bahan tersebut, apakah bahannya terlalu tebal sehingga jarum tidak kuat untuk menahannya. Atau bisa juga karena alasan lain, seperti pemasangan jarum yang kurang tepat. Jangan lupa untuk memeriksa sekoci terbentuk jarum, hal itu juga bisa menjadikan jarum mudah patah.

Demikianlah artikel kami kali yah pemirsa, semoga bermanfaat dan salam sukses..

Terima kasih

Cara Memperbaiki Mesin Jahit yang Rusak Dengan Tepat

Alhamdulillah, kali ini saya masih memiliki kesempatan untuk membagikan artikel sepuatr mesin. Nah, kali ini saya akan membagikan artikel dengan judul “Cara Tepat Memperbaiki Mesin Jahit yang Rusak”. Semoga artikel mengenai cara memperbaiki mesin jahit ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi panduan tutorial bagi kalian semua bilamana terjadi masalah masalah pada mesin jahit kalian.

Kerusakan pada mesin jahit memang sangat menjengkelkan jika kita sedang asyik- asyiknya menjahit. Bukan main efeknya yang bisa membuat jahitan kita kurang maksimal dikarenakan masalah seperti ini. Nah, jika kalian baru saja memulai belajar untuk menjahit, maslah seperti itu bisa saja terjadi dan akan menjadikan minat menjahit kalian yang tadinya berapi-api menjadi down.

Ada banyak jenis mesin jahit, seperti mesin jahit manual butterfly, mini staples dan sebagainya.

Kerusakan yang biasa terjadi pada mesin jahit dan cara mengatasinya

Cara menggunakan mesin jahit tangan biasa menimbulkan masalah seperti yang akan kita paparkan satu per satu. Untuk itu, sebaiknya kalian berlaku bijak dalam menggunakan mesin jahit tersebut.

Selanjutnya, kami juga akan membuat postingan mengenai cara pakai mesin jahit, in sya Allah.

1. Mesin yang berisik dan srek srek

Mesin menjadi tidak lancar alis tersangkut dikarenakan dalam mesin jahit yang kering (kurang mendapat minyak pelumas) ataukah ada sisa benang-benang yang lepas dan tersangkut pada mesin. Kemungkinan banyak nya debu dan sisa serat kain pada gigi mesin bisa menjadi biang kerok masalah ini.

Baca juga: Cara Kerja Mesin Frais/ Milling Machine

Solusinya nh yah guys, kalian sebaiknya membersihkan mesin jahit dari serat-serat kain dan benang yang tertinggal pada celah celah gigi mesin dengan menggunakan kuas. Yang kedua, silahkan buat minyak mesin. Nah, minyak mesin ini apa yah?

Minyak mesin, yah minyak yang bisa membuat mesin lebih cepat, yah lebih cocok ke pelumas mesin yah…

Caranya?

Gampang dan mudah, saya dulu ingat pernah membuat minyak mesin untuk menambah speed/ kecepatan mainan mobil tamiya saya dulunya, tapi work loh, emang ampuh mesinnya. Kalian tinggal mencampur minyak kelapa dengan minyak tanah guys. Jadilah minyak mesin, hehehhe

Jadinya, berikanlah minyak pelumas ini pada throat plate (penutup gigi) dengan pelumas yang berkualitas baik. Kalau perlu, kalian sebaiknya melepaskan penutup gigi sebelum membersihkan mesin dengan melepaskan kan dua buah baut yang terpasang pada penutup gigi.

Terkhir nih, tentunya sebaiknya kalian memberikan minyak msin pada bagian-bagian mesin yang menimbulkan gesekan saat mesin berputar. Lanjut…

2. Benang jahitan bagian atas yang sering putus

Masalah pertama yang sering muncul adalah putusnya benang jahitan yang sering sekali terjadi. Penyebab masalah ini bisa disebabkan oleh benang jahit yang tersangkut akibat menjahit dengan arah salah. Selain itu, penyebab lainnya bisajuga dikarenakan memasang jarum terlalu ke bawah menyebabkan ketegangan benang terlalu besar dan mudah putus.

Baca: Cara Penggunaan Mesin Fotocopy Hingga Perawatannya Bagi Pemula

Selanjutnya, benang terlalu kasar atau terlalu halus juga bisa menjadi alasan terjadinya gangguan ini. Ketidak sesuaian dengan jenis kain yang dijahit, serasikan antara benang dan kain yang dijahit, serta nomer jarumnya juga termasuk penyebab lainnya.

Untuk itu, cara mengatasi hal ini adalah dengan memastikan putaran roda mesin agar tidak terbalik meski hanya sebentar (beberapa putaran) saja. Perhatikan posisi jarum mesin jahit apakah sudah tepat pada tempatnya atau belum, tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Selain itu, jangan lupa untuk sesuaikan nomor benang dan nomor jarum sesuai dengan kain yang dijahit.

3. Hasil jahitan yang mengerut secara merata

Adanya kerutan pada kain hasil jahitan disebabkan oleh kuatnya tegangan benang secara berlebihan. Pada dasarnya, hal ini juga dikarenakan adanya kesalahan pada pemasangan benang bawah, mungkin spulnya yang  terbalik atau kah benangnya yang  tidak melewati jalan yang benar sehingga ketegangan benang bawah menjadi terlalu kuat, tetapi diimbangi dengan cara memutar pengatur ketegangan benang atas hingga ketegangan benangnya menjadi seimbang.

Alhasil, ketegangan benang atas dan bawah menjadi seimbang namun ketegangan benangnya menjadi terlalu kuat. Nah, hasil jahitan yang terlalu kuat inilah yang menyebabkan kain hasil jahitan menjadi berkerut-kerut merata sepanjang jahitan.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Mesin Pembuat Es Krim dan Komponennya?

Cara mengatasi masalah ini yakni dengan memeriksa kembali sekoci mesin. Ingat, kalian sebaiknya memastikan posisi benang bawah yang sudah mapan tidak terlalu seret tarikannya. Kedua, putarlah ke kiri pengatur ketegangan benang atas hingga keseimbangan ketegangan benang serasi dengan benang bawah.

4. Benang jahit bawah yang sering putus

Nah, penyebab masalah benang jahit bawah yang putus adalah tidak rapinya gulungan benang bawah pada spul/kumparan. Selain itu, masalah tersebut juga bisa disebabkan oleh besarnya tegangan benang pada sekoci dan putaran benang bawah yang kebalik (seharusnya putaran kumparan benang berlawanan arah jarum jam). Terakhir bisa disebabkan karena jalur benang yang tidak sempurna saat melewati rumah sekoci.

Bagaimana solusinya?

Simple…. Pertama, silahkan periksa pemasangan spul benangnya pada sekoci. Jika kalian menarik benang, maka pastikan arah putaran spul berlawanan arah jarum jam. Yang kedua adalah dengan memastikan jalur benang bawah yang telah terpasang melewati rumah sekoci dengan benar.

5. Hasil jahitan yang kendur alias tidak kuat

Masalah yang satu ini bisa saja disebabkan benang atas dan bawah pada mesin jahit yang tidak seimbang dikarenakan kencang sebelah.

Olehnya itu, cara mengatasi hal yang seperti ini adalah dengan menyesuaikan tegangan benang di atas hingga menjadi seimbang dengan tegangan benang bawah. Nah, jika benang atas ternyata kendur, maka putarlah ke kanan pengatur tegangan benang atas, hingga hasil jahitan menjadi kuat dan kencang rata. Sebaliknya, kalau benang atasnya yang  terlalu kencang, maka putar ke kiri pengatur tegangan benang atas, hingga  hasil jahitan kuat dan kencang rata.

6. Hasil jahitan yang mengerut dan tidak merata

Hasil jahitan yang tidak rata dan loncat- loncat disebabkan karena tumpulnya jarum pada mesin jahit, sehingga mesin menjadi bermasalah dan tentunya tidak tajam lagi. Saat jarum tersebut jatuh pada sela- sela kain yang dijahit, maka hasilnya jahitan akan normal.

Namun, ketika yang jatuh tersebut adalah jarum yang tumpul, maka kain akan tertarik ikut benang tumpul dan terjadi lah kerutan pada kain jahitan. Itulah sebabnya hasil jahitan menjadi kerut dan meloncat-loncat.

Yah cara ngatasinnya yah tinggal ganti aja jarumnya ke jarum jahit baru lagi, harganya tidak seberapa loh pemirsa. Senantiasalah memilih jarum yang berkualitas demi terciptanya hasil yang baik dan berkualitas tinggi pula.

Nah, sampai di sini artikel kali ini yah pemirsa, semoga bermanfaat dan salam sukses..

Terima kasih

 

Cara Kerja Mesin Frais/ Milling Machine

Syukur alhamdulillah, saya masih diberi kesempatan untuk berbagi dengan kawan- kawan yah. Kesempatan kali ini saya gunakan untuk berbagi info mengenai “Cara Kerja Mesin Frais/ Milling Machine” yang semoga bisa memberikan manfaat kepada banyak orang yah guys….  aminnn

Baiklah, untuk itu ada baiknya jika kita perkenalan dulu dengan mesin frais ini.

Apa itu mesin frais?

Mesin freis merupakan jenis mesin perkakas yang mempunyai keistimewaan tersendiri. Mesin ini merupakan salah satu jenis mesin yang dapat melakukan berbagai macam bentuk kerja pada benda. Prinsip kerjanya yakni gerak potong yang dilakukan oleh pahat yang berasal dari putaran spindel dan gerak makan oleh benda kerja yang berasal dari gerakan meja kerja secara translasi sebagai pembawa benda kerja.

Cara Penggunaan Mesin Fotocopy Hingga Perawatannya Bagi Pemula

1. Pengerjaan yang terjadi pada mesin frais horizontal

Benda kerja pertama dijepit pada suatu ragum mesin atau peralatan khusus, bisa juga dijepit pada meja mesin frais. Pemotongan kemudian dikerjakan oleh pemakanan benda kerja di bawah suatu pisau yang berputar.

2. Pekerjaan yang terjadi mesin frais vertikal

Pergerakan meja dan ke atas dan ke bawah dari spindel. Mesin frais vertikal dapat menghasilkan permukaan horizontal.

Tenaga untuk memotong berasal dari energi listrik yang berubah menjadi energi gerak utama oleh sebuah motor listrik. Gerakan utama tersebut selanjutnya akan diteruskan melalui suatu transmisi untuk menghasilkan gerakan putar pada spindel mesin milling.

Spindel mesin milling merupakan bagian dari sistem utama mesin milling yang berfungsi untuk memegang dan memutar cutter hingga menghasilkan putaran atau gerakan pemotongan. Gerakan pemotongan pada cutter jika dikenakan pada benda kerja yang telah dicekam maka akan terjadi gesekan/tabrakan sehingga akan menghasilkan pemotongan pada bagian benda kerja, hal ini dapat terjadi karena material penyusun cutter mempunyai kekerasan diatas kekerasan benda kerja.

Langkah sebelum melakukan pengefraisan sebagai berikut:

1. Mempersiapkan semua peralatan dan benda kerja yang kalian butuhkan

2. Mengukur benda kerja dengan menggunakan kaliper dan menghaluskan sedikit permukaannya dengan menggunakan kikir

3. Mengatur putaran spindel yang sesuai untuk jenis benda kerja

4. Menempatkan benda kerja yang akan difrais pada meja kerja

5. Mencari titik permukaan/titik nol dan kemudian melakukan pemakanan untuk masing–masing sisi. Saat pemakanan dilakukan, mata pahat dan benda kerja diberi pendingin, sehingga benda kerja tidak mengeluarkan asap.

6. Mengatur ketebalan pemakanan

7. Mencatat waktu yang diperlukan untuk sekali  pemakanan

8. Mencatat keadaan akhir pada benda kerja

Demikianlah informasi kami mengenai cara kerja mesin frais, semoga bermanfaat dan salam sukses yah…

Cara Penggunaan Mesin Fotocopy Hingga Perawatannya Bagi Pemula

Membuka pelayanan jasa masin fotocopy/ fotostat memiliki prospek yang bagus, iyya, tergantung dari tempatnya sih. Kalau kalian tinggal di daerah yang banyak kantor ataukah sekolah, maka membuka tempat fotocopy menjadi pilihan yang terbaik untuk berbisnis.

Pada dasarnya, cara penggunaan mesin fotocopy/ fotostat tidak lah sesulit dengan apa yang kalian bayangkan, mungkin. Selama kalian memiliki tekad yang kuat untuk belajar sebagai pemula, maka in sya Allah kalian bisa menguasai cara menggunakannya denga baik dan benar. Begituula dengan cara merawat mesin fotocopy yang sebenarnya tidak sulit sulit amat.

Secara sekilas, penggunaannya memang tidak lah sulit. Kalian mungkin sudah biasa melihat orang yang mem-foto copy berkas/ dokumen. Iyya, mereka tinggal meletakkan dokumen yang akan di copy di atas mesin foto copy dan kemuudian menekan tombol  untuk mulai mengoperasikan mesin tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pembuat Es Krim dan Komponennya?

nah, masalahnya, bisa saja yang membuat kebanyakan dari kita bingung adalah tombol- tombol tersebut. Sebagian dari kalian mungkin berpikir bahwa semua tombol tersebut adalah sesuatu yang rumit, padaha sebaliknya tidak. Saya tahu secara pribadi karena orang tua saya sendiri membuka usaha fotocopy di kampung, dan foto copy kamilah satu- satunya foto stat yang ada di kampung.

Nah, untuk menjalankan mesin fotocopy, tentu ada beberapa aturan yang harus kalian perhatikan dan ketahui sebelum mengoperasikannya. Hal ini bertujuan agar mesin fotocopy tidak menimbulkan masalah.

Dasar mengoperasikan mesin fotocopy/ fotostat

1. Pahami petunjuk penggunaan

Pembelian mesin fotocopy baru akan disertai dengan buku petunjuk penggunaan dasar. Tentunya kalian harus mengerti betul tata cara penggunaan mesin fotocopy/ fotostat yang baik dan benar.

Kalian sebaiknya mempelajari hal yang mendasar seperti bagaimana cara untuk menggunakan mesin fotocopy baru dimulai dari cara menghidupkannya, cara memberbanyak tulisan, hingga seterusnya.

Panduan Cara Memperbaiki Mesin Diesel Dongfeng Terbaru

2. Pahami kegunaan tombol dasar

Nah, inilah yang mungkin banyak membuat orang bingung dan men-judge bahwa sanya mesin fotocopy itu sulit. Pada dasarnya, mesin fotocopy memiliki berberapa macam dan jenis tombol sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Untuk itu, mengetahui fungsi tombol tersebut adalah hal yang penting, sangat penting demi menghindari hal hal yang tidak diinginkan, dan dalam memperlancar proses fotocopy. Bisa jadi dalam tombol tersebut, terdapat fasilitas tertentu yang sangat bisa diandalkan.

Berikut tombol dasar mesin fotocopy / fotostat beserta fungsinya:

  • On/off, untuk menghidupakan dan mematikan mesin
  • Start, untuk memulai meng-copy berkas
  • Reset, untuk mengembalikan pengaturan serta menghapus program sebelumnya
  • Check counter, untuk melihat jumlah kertas yang sudah berhasil digandakan
  • Tombol angka, untuk mengatur jumlah, besar dan ukuran kertas yang akan di fotocopy
  • Stop, untuk menghentikan proses copy-an yang sedang berlangsung
  • Clear, untuk menghapus atau kembali ke pengaturan sebelumnya
  • Saver, untuk mengistirahatkan mesin fotocopy.fotostat (sangat berguna dalam efisiensi waktu)
  • Tombol fungsi option, untuk membuka program mesin serta mengatur berbagai fungsi di mesin fotocopy.

Baiklah, cara menggunakan mesin fotocopy/ fotostat bagi pemula merupakan intisari pembahasan dalam artikel kami kali ini. Kami rasa yang membutuhkan panduan seperti ini memang adalah para pemula *maaf* ketika ingin membuka usaha fotocopy.

Berikut cara menggunakan mesin fotocopy/ fotostat

  1. Hidupkan mesin dengan menekan tombol ON
  2. TUnggu sementara hingga mesin sudah panas dan siap untuk digunakan
  3. Masukkan kertas yang akan dicopy di atas/dibawah alat scanner, tergantung model fotocopy
  4. Tutuplah kertas tersebut dengan menggunakan alat yang disediakan (semacam penutup)
  5. Pilihlah jenis kertas pada paper select
  6. Aturlah ukuran kertas sesuai dengan kebutuhan
  7. Pilihlah dan tekanlah tombol dasar untuk menentukan jumlah jilid yang akan difotocopy
  8. Tekan tombol START dan tunggu hingga kestas copy-an keluar dengan sendirinya
  9. Jikalau kalian membuka usaha, sebaiknya tekan tobol saver untuk mengistirahatkan mesin fotocopy hingga tempat usaha kalian benar- benar tutup/ closed. Ini bertujuan agar kalian tidak perlu menunggu berlama – lama lagi jikalau ada orang yang ingin menggunakan jasa kalian.

Daya listrik yang digunakan untuk mengoperasikan mesin fotocopy sebenarnya besar. Orang tua saya pun hingga menutup usaha kami jikalau malam telah tiba, dikarenakan listrik digunakan untuk kepentingan lain seperti lampu dan lain sebagainya.

Baca juga: Universitas Dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Sebenarnya cara pengoperasian mesin fotocopy/fotostat itu berbeda- beda, tergantung dari merknya. Namun pada dasarnya sama saja loh pemirsa. Cukup masukkan kertas, tekan Start, tunggu hasilnya deh, simple kan.

Cara merawat mesin fotocopy

Seperti yang kami katakan sebelumnya, cara merawat mesin fotocopy ini tidak lah sesulit yang kita pikirkan. Carany mudah:

  1. Bersihkan bagian dalam dan luar mesin setidaknya sekali seminggu. Gunakan kain (majun) pembersih untuk menghilangkan kotoran debu dan noda-noda di bagian luar mesin fotocopy.
  2. Bukalah semua pintu mesin untuk membersihkan bagian dalamnya. Lakukan pelan-pelan ketika kalian membersihkan bagian dalamnya dengan menggunakan kain lembut. Jangan lupa untuk menggunakan semprotan  hand blower) untuk membersihkan celah-celah kecil.
  3. Periksa sparepart dan consumable dua kali seminggu . Mesin fotocopy ini memakai toner untuk mencetak copy-an, itu semacam bubuk hitam sebagai tintanya. Nah, apabila tonernya habis, akan timbul garis-garis atau pada copy-an atau bisa juga tidak tercetak sama sekali. Kondisi toner pada batas minimal akan berdampak buruk pada mesin jika sering terjadi.
  4. Apabila terjadi kemacetan saat proses meng-copy berlangsung, maka bacalah petunjuknya yang muncul pada layar mesin. Jangan melakukan hal lain misalnya mencabut kertas yang tersangkut secara paksa ataukah memukul mesin fotocopy.

Demikianlah artikel kami kali ini, semoga bermanfaat dan salam sukses yahh…