Jangan Jadi Pesimis! Ini 8 Persamaan Pesimis dan Pengemis

Penyakit satu ini sudah  menjadi wabah yang menyebabkan orang-orang tidak bisa mencapai kesuksesan. Padahal pesimis sebenarnya berasal dari diri kita sendiri yang timbul dari beberapa faktor. Mulai dari tidak percaya diri, kurangnya komunikasi, dan akhirnya menyudutkan diri sendiri.

Olehnya itu, jangan jadi pesimis! Bahkan agama sendiri pun melarang umat manusia untuk jadi pesimis.

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman” (Ali Imran: 139)

Bersikap lemah pada ayat tersebut tidak lain yang dimaksud adalah pesimis. Perlu anda ketahui! saking tercelanya sifat ini, beberapa orang sampai menyamakan pesimis dengan pengemis. Artikel ini pun tujuannya tak lain untuk memaparkan persamaan pesimis dan pengemis. Apa saja persamaannya? Berikut penjelasannya:

1. Selalu Ingin Diperhatikan dan Suka Dikasihani

Pesimis dan pengemis selalu ingin dikasihani
Si pesimis dan pengemis selalu ingin dikasihani.

Sama halnya dengan pengemis yang selalu ingin diperhatikan, selalu ingin diberi, dan suka dikasihani, si pesimis juga demikian. Ketika sifat pesimisnya muncul, maka biasanya ia akan mencari orang terdekatnya, seakan-akan untuk ditempati berlindung. Namun kenyataannya, ia selalu ingin diperhatikan, dikasihani dan berlindung, takut untuk melangkah maju dan mengambil resiko.

Mau tahu pengalaman bisnis saya? Simak di sini

Dan akhirnya, jadilah ia selalu ingin mendapat perhatian, ingin selalu dikasihani dengan harapan agar  rasa pesimisnya itu dapat teratasi, tapi kesemuanya itu sia- sia. Hal demikian tidak dapat menghilangkan rasa pesimisnya

2. Suka Mengeluh

Sifat suka mengeluh itu, ada sedikit masalah yah langsung mengeluh. Saya heran, mungkin jika dibuatkan daftar, maka mengeluhnya lebih banyak daripada bersyukurnya. Terlalu banyak mengeluh dapat membuat kita lupa akan nikmat-Nya. Padahal jika dihitung nikmatnya, pasti kita tidak mampu, mustahil untuk dihitung.

Setiap orang pasti pernah mengeluh. Sesekali tak mengapa, yang penting jangan sedikit-sedikit mengeluh, sedikit-sedikit mengeluh. Kapan bersyukurnya? Kalau anda bersyukur, niscaya Dia akan menambahkan nikmat-Nya.

Jangan lupa baca: Benarkah Menjadi Kaya Itu Berbahaya? Simak Penjelasannya!!

Inilah sifatnya si pesimis, suka mengeluh. Itu dikarenakan ia selalu melihat sesuatu dari sudut pandang yang kurang baik, selalu jeleknya yang dilihat atau istilahnya pesimisme. Jadinya mengeluh eh. Coba lihat yang baiknya, adanya anda kita bisa jadi hamba yang bersyukur.

3. Merasa Tak Termotivasi

Karena tidak termotivasi, si pesimis sulit untuk bangkit.
Karena tidak termotivasi, si pesimis sulit untuk bangkit.

Mengatasi penyakit ini bukanlah hal yang mudah. Itu dikarenakan si pesimis sudah tidak mempunyai motivasi untuk bangkit dari keterpurukan.

“Bangkit dari segala keterpurukan dan jangan mau kalah dengan keadaan”

Sama halnya dengan pengemis yang sudah tidak termotivasi sehingga mereka lebih memilih nasib untuk meminta-minta ketimbang usaha yang lain. Ingat! Itu nasib, bukan takdir, bedakan! Takdir adalah ketetapan Tuhan atas sesuatu, sedangkan nasib berarti hasil dari pilihan seseorang dengan kata lain nasib itu masih bisa dirubah. Kaya, miskin, kuat, lemah itu semua adalah nasib. Meski begitu takdir juga bisa dirubah dengan doa.

4. Mengira Hidup Berbalut Rasa Sakit

Inilah cara pandang si pesimis yang tak jauh beda dengan pengemis. Luka, duka, rasa sakit yang hadir setiap saat dalam hidupnya sehingga mereka berpikir hidup hanya untuk menanggung rasa sakit. Saya rasa pola pikir demikian harus dirubah. Berpikir baik dan positif juga akan menarik hal positif kepada diri kita. Itulah Law Of Attraction (LOA) atau Hukum Tarik- Menarik.

Begini Pengalaman Saya Menghapal Al- Qur’an 30 Juz

5. Si Pesimis Menganggap Dunia Kejam

Wah, yang satu ini lebih parah. Sama halnya dengan nomor 4, ini juga termasuk pola pikir si pesimis dan pengemis. Inilah yang membuat mereka seakan tak berdaya untuk bangkit karena berpikir bahwa hidup dalam dunia yang kejam adalah hal yang mustahil. Akhirnya mereka sendirilah yang mengunci diri mereka.

6. Menganggap Dirinya Inferior dan Orang Lain Superior

Tadi berbicara masalah kehidupan dan dunia yang kejam, sekarang orangnya. Mereka selalu menganggap dirinya inferior atau merendahkan dirinya sendiri, seakan tak mampu bersaing dengan orang lain yang katanya superior, padahal  mereka belum melakukan apa-apa.

Menganggap orang lain superior sebenarnya bukan masalah, tergantung dari sudut pandang anda. Anda bisa menjadikan hal itu sebagai motivasi atau dorongan agar bisa menjadi lebih baik, asal jangan menganggap diri anda inferior. Semua orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

7. Selalu Melihat Kesulitan Dalam Setiap Kesempatan

Sama halnya dengan pecundang,
Sifat pesimis sama halnya dengan sifat pecundang

Seperti yang saya paparkan tadi, pesimis sama halnya dengan pengemis yang selalu melihat kesulitan dan kesusahan pada setiap hal. Bahkan ketika ada kesempatan pun, mereka tetap melihat kesulitannya saja. Padahal ketika ada kesempatan harus dimanfaatkan sebaik mungkin , loh!! Bukan dibiarkan begitu saja.

8. Tidak Berani Memiliki Impian

Beranilah bermimpi
Beranilah bermimpi

Berdasarkan poin-poin tadi, inilah hasilnya, mereka tidak berani bermimpi. Padahal bermimpi itu sangatlah penting untuk membangun masa depan, baik itu mimpi kecil maupun besar.

“ Jangan pernah takut memiliki impian kecil dan sederhana karena sesuatu yang besar terlahir dari impian kecil”

Kecil besarnya mimpi itu bukanlah masalah. Yang masalah adalah ketika anda tidak memiliki mimpi seperti si pesimis dan pengemis.

Kesimpulannya, sifat pesimis itu bisa dirubah, asal ada kemauan. Perubahan itu harus dimulai dari diri kita sendiri. Bahkan Tuhan sendiripun tidak akan merubah sifat pesimis itu kalau bukan anda sendiri yang merubahnya.

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah apa yang ada pada sebuah kaum hingga mereka mengubah apapun yang ada pada diri mereka.” (Ar-Ra’du 11)

Belajar Pelajaran Dasar Sebelum Kuliah Teknik. Apakah Itu Penting?

Yah, Alhamdulillah, saya sudah mendapatkan offer letter dari UTM dengan jurusan teknik mesin. Nah, sambil mengurus visa, terbesit di pikiran saya untuk kembali mempelajari pelajaran kelas 3 SMA, baik fisika, matematika, (itu yang paling pokok), kimia dsb. Kenapa?? Sudah jelas, kemungkinan itulah yang nanti membantu saat saya masuk kuliah, apalagi saya rasa semua mahasiswa teknik sudah harus mengetahui dan memahami pelajaran matematika dengan baik.

So, langsung saja…. Saya kembali ingin daftar di zenius Education. Belajar dengan modul online, menurut saya sudah cukup praktis dan nyaman, terlebih penjelasan di Zenius ini juga sangat enak. So, langsung daftar aja, murah kok, hhehhe, silahkan di cek sendiri… (Ehh, saya sama zenius gak ada hubungan apa apa yah!!! Saya gak pernah buat apalah buat promosi di sini)…

Balajar lagi!!! 🙂 Enjoy aja!!

Jadi, yah, gitu deh, harus mengulang lagi, yah gak masalah sih. Jangan berpikir bahwa mengulang itu akan menghabiskan waktumu, tidak, itu sangatlah tidak dibenarkan.

Faktanya, setiap kali kita ngulang pelajara, selalu saja ada pemahaman baru yang kita peroleh. Seperti yang dikatakan guru saya, Mr. Farhan, pemiliki kursus webster Englis di Pare, kurang lebih seperti di atas tadi.

Yah, cukuplah waktu saya 6 bulan buat mempersiapkan semuanya. Meski biaya semester tinggi, doain yah teman teman, moga dapat beasiswa di sana. Oh iyya, yang mau nanya nanya, boleh silahkan, kotak saya, atau komen saja yah, heheehhe….

Sekarang mengulang bahasa Inggris

Nah, tadi di atas itu, seputar pelajaran yang berbasis angka dan analisa. Sekarang, kita beralih ke bahasa, dimana bahasa Inggris sangatlah penting untuk mengikuti perkembangan dunia perkuliahan dan dunia sesungguhnya, wkwkw, bahasa mu cuy..

Yah, share pengalaman lagi, aku kan blogger nih, nah aku udah ada blog tentang “pekerjaan”, jadi blog ku yah mengulas tentang cara masuk PT ini, PT itu dan sebagainya. Tapi, aku sadar loh, lebih baik aku buat blog Inggris, selain pendapatannya yang jauh lebih besar, toh aku bisa sambil belajar bahasa Inggris. Dari pada ilmu IELTS ku jadi tumpul lagi, padahal nanti dibutuhkan banget loh bahasa Inggris ini, ya udah, take action aja…

KU JUAL BLOG ku, hhehehehe… Buat Modal blog Inggris..

Nah, stepnya pun unik guys, aku buat blog indo lagi tentang teknologi, terus aku ambil referensi dari artikel bahasa Inggris, so aku tinggal cari kosa kata yang tidak aku tahu, terus aku terjemahin ke Bahasa Indonesia. Jadi, selain belajar cara penulisan bahasa Inggris, struktur katanya, yah aku juga bisa nambah wawasan tentang perkembangan teknologi.

Yah  sudah lah, sampai di situ dulu yah pemirsa, nanti kalau ada waktu, saya pengen update lagi mengenai perkembangan belajar saya, apa yang paling susah dari mempelajari kembali pelajaran tadi  dan lain lain… Olehnya itu, aku tulis sub title nya yah….

Yang paling sulit….

Mudah…

Menyenangkan …

Sekian dan sampai jumpa, wassalamu alaykum…

Pengalaman Pingin Kuliah Teknik di UTM Malaysia, Semoga Sukses

Selamat datang pemirsa, kali ini, saya akan sharing pengalaman saya, mengenai step step yang saya tempuh untuk bisa menjadi mahasiswa di sana, bukan mahasusah yah,wkwkwk….. Universiti Teknologi Malaysia, yah tempat kuliah bapak saya ketika mengambil s3 nya..

Cerita ini dimulai setelah saya Ujian Nasional SMA 2017, (Madrasah Aliah, lulusan pesantren) dan tentunya saya ingin melanjutkan pedidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Jadi saya berinisiatif mengikuti SBMPTN (karena SNMPTN saya tidak lulus) untuk kuliah di ITB. Di SBMPTN itu kan kita bisa memilih 3 prodi. Tentunya saya memilih teknik mesin ITB sebagai pilihan pertama yang di prioritaskan. Tapi sayang, saya lulus nya di Universitas Hasanuddin di Makassar, jadi saya tidak mengambilnya karena setahu saya, akreditasiya masih B dan saya sedikit takut dengan keadaan di Makassar.

Sebelum itu, saya sudah dapat tawaran dari ayah saya sendiri untuk kuliah di luar negri, yakni di UTM. Wah, dalam negri aja nggak lulus, bagaiamana mau lulus ke luar negri. Tapi tekad saya sudah bulat, layaknya judi, saya harus pertaruhkan semuanya. Dalam hati, semoga rejeki saya di Luar negri ya Allah… Amiiinnn..

UTM Malaysia Johor Bahru

Sebenarnya, masuk di UTM Malaysia itu nggak sesulit yang kita pikir. Teman saya yang mengikut gelombang pertama, cukup dengan mengumpulkan nilai rapor, iyya gel. 1 itu pas kita masih kelas 3 SMA. Jadi buat kalian yang pingin kuliah di sana, yah kalian bisa mengumpulkan nilai rapor asalakan ikut gelombang pertama. Tenang aja, masalah Sertifikat Bahasa Inggirs, seperti IELTS, TOEFL dsb. bisa dipelajari di sana dengan mengikut akademik bahasa yang disediakan oleh Universiti Teknologi Malaysia sendiri.

Tapi saya di sini ikutnya gelombang kedua guys, saya terlambat mengetahui informasi ini, jadi terpaksa mengumpulkan nilai ijazah, certificate dan sebagainya. Yah, terlambat 1 semester, mau gimana lagi, toh saya punya persiapan yang  lebih.

Oelhnya itu, saya putuskan untuk ke Kampung Inggris di Pare buat belajar IELTS selama 2 bulan lebih. kalau kalian mau belajar di sana, silahkan tanya tanya ke aku yah tempatnya, kontak wahyusetiawanblog@gmail. com. Mumpun ada kesempatan, jadi saya harus belajar baik baik.

Singkat cerita, 2 bulan telah berlalu, saya langsung mempersiapkan diri untuk mengikut Real Test IELTS di Yogyakarta , sekaligus jalan jalan, hehehe. Nilai IETLS yang dibutuhkan ke UTM adalah 5,5.

Tentang IELTS, yang paling mendebarkan itu ketika bicara sama bicara sama buulenya, dia senyum2 ke saya sebelum memulai speaking, hehhe, Saya sendiri adalah peserti termuda di ruangan pada waktu itu. Setelah test, tnggal tunggu pengumuman, yah kalau dapat scorenya, jadi gak perlu ambil academic, kalau nggak yah ambil academic di UTM lagi. Seritifikat bahasa Inggris sendiri adalah sunnah loh guys, kalian bisa mengambilnya nanti, seperti kebanyakan orang yang mengikuti gelombang pertama, mereka mengambil sertifikat nya di Malaysia nanti.

Pengumuman pun tiba, haru jum at 13 hari setelah tanggal test, dan Alhamdulillah, score saya overall 6.0. Yah tinggal mengurus berkas lainnya…

Nilai yang dibutuhkan

Nilai rata2 yang dibutuhkan untuk mendaftar di UTM adalah 7. Itu adalah gabungan dari nilai rapor, Ujian sekolah dan Ujian nasional.

Prosedur yang salah sebenarnya

Prosedur yang salah telah saya tempuh. Saya seharusnya mendaftar dulu ke UTM baru ke Pare buat bahasa Inggris, toh bahasa Inggris bisa nanti. Jadi saya harus kejar waktu, mau tidak mau. Saya harus kuasa IELTS dalam waktu sesingkat singkat nya. Dan Alhamdulillah, nilai saya sampai dan yah, begitulah….

Menunggu setelah submit documents

Setelah semua berkas siap, saatnya mendaftar. UTM ingin menerima hasil kopian langsung melalui kurir alais post. Waktu itu, saya mempercayakan J*E untuk mengantarkan berkas saya ke Malaysia. Yah, kata merek 3- 4 hari sudah sampai, tapi faktanya??

Sudah 6 hari bahkan lebih, berkas saya belum sampai ke teman saya di sana. Saya tidak langsung mengirimnya ke pos UTM karena adanya uang registrasi yang harus di bayar dalam ringgit, dan saya sedikit pusing untuk membayarnya, jadi saya mempercayakan teman untuk mengantar berkas saya langsung ke sana. Yah, karena kurir lambat, dan pendaftaran udah mau tutup, teman saya yang cerdik dan pintar, memperint out semua berkas yang telah saya kirimkan melalui internet (hasil scan) dan dipakai untuk mendaftar , toh berhasil dan tinggal menunggu offer letter . Makasih husnul …… 🙂

Pengumuman

Hampir 1 bulan pun saya menunggu, dan alhamdulillah, 19 November 2017, pemberitahuan pun datang melalui email. Awalnya saya sudah psimis dan percaya gak bakal keterima tapi, Alhamdulillah, Allah selalu berbuat baik kepada hambanya, saya sudah dapat offer letter dan meneruskan pengurusan Visa VAL dan SEV. Yups, saat mengurus menulis artikel ini, saya sedang mengurus visa dan sebagainya. Jadi nantikan lanjutannya yah guys. Terima kasih dan salam

Universitas Dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Teknik mesin adalah salah satu jurusan yang mempunyai banyak peminat di dunia perkuliahan. Bagaimana tidak, jurusan ini memiliki prospek / peluang kerja yang sangat menjanjikan. Tak heran yah kenapa fakultas teknik menjadi sangat populer Indonesia dan beberapa orang yang mencari tahu tentang teknik mesin terbaik di Indonesia.

Karena kepopulerannya itu, sehingga banyak orang mencari informasi mengenai kampus atau fakultas teknik mesin terbaik di Indonesia. Meski tidak terlalu banyak orang yang mencarinya (sebetulnya saya telah melakukan riset kata kunci tentang universitas terbaik untuk teknik mesin di Indonesia), saya akan tetap membuat artikel tentang jurusan teknik terbaik.

Kenapa?

Yah, karena saya cuman ingin share, saya suka berbagi, dan saya memiliki mimpi untuk kuliah dan mengambil mechanical engineering di universitas. Doakan yah pemirsa….

Ada loh fakta unik tentang jurusan teknik mesin ini, yang katanya tempat berkumpulnya cowok keren yang gondrong, dan kerap disebut sebagai kandang singa. Wkwkwkw.. Saya sebenarnya sedikit heran, kok bisa yah, emangnya anak teknik mesin itu galak galak yah… Allahu a’lam.

Di samping itu, jurusan teknik mesin  juga diklaim sebagai jurusan yang paling senior di antara semua jurusan di fakultas teknik, sama sih dengan teknik sipil. Dengan mata pelajarannya yang termasuk turunan ilmu fisika, yakni fisika terapan, teknik mesin akan menguras otak kalian untuk mempelajari bagaimana cara benda bisa bergerak, bagaimana mesin bekerja dan sebagainya. So persaiapkan diri kalian yah.

Setahu saya nih yah, orang orang yang mencari informasi tentang tempat kuliah terbaik untuk teknik mesin adalah orang yang belum kuliah dan memiliki minat untuk masuk ke fakultas teknik ini.

Sedikit tips nih yah, sebaiknya kalian yang ingin masuk jurusan ini, memiliki dasar ilmu berhitung seperti matematika, fisika dan sebagainya.

Berikut universitas dengan jurusan teknik mesin terbaik di Indonesia

A. Pulau Jawa

Jawa, pulau yang menjadi pusat peradaban di Indonesia, tentu mempunyai kelebihan  tersendiri dalam segala aspeknya, baik dari segi pekerjaan maupun dari segi pendidikan. Olehnya itu, bisa dikatakan bahwa universitas tebaik yang ada di Indonesia ini berada di Pulau Jawa.

1. Teknik mesin Intitut Teknik Bandung (ITB)

Source: itb.ac.id

Walah, kalau yang satu ini, udah jelas ketenarannya yah. Siapa sih yang tidak tahu dengan kampus terbaik yang satu ini. Faktanya, sejak dulu ITB telah menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang berminat mengambil jurusan teknik ketika kuliah. Untuk teknik mesin sendiri berada di bawah Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB.

Beralih ke pengalaman pribadi saya, ketika mengikut SNMPTN (jalur undangan) untuk masuk di kampus ini, dengan nilai yang lumayan tinggi, alhamdulillah, saya tidak diterima dan dinyatakan tidak lulus SNMPTN. yeee…

Sama halnya dengan SBMPTN/ jaur tes, alhadulillah saya juga tidak lulus. Padahal ITB adalah kampus impian saya. Jadilah saya tidak kuliah.

2. Universitas Indonesia (UI) di Jakarta

Universitas Indonesia

Sama nih, UI alias Universitas Indonesia sudah menjadi kampus terbaik di Indonesia, dimana semua jurusan dan fakultasnya menghasilkan lulusan lulusan yang berkualitas dan siap bekerja. Walah…

Kampus tertua setelah UII Yogyakarta ini sudah tidak diragukan dalam memberikan layanan pendidikan pada jurusan nya. Hal ini terlihat jelas dengan banyak nya alumni yang sukses dalam karir mereka. Contohnya, Chaerul Tanjung, lulusan  kedokteran gigi UI yang menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia dan mempunyai banyak yayasan yang bergerak di bidang sosial. Jujur, saya sangat mengidolakan beliau CT, terlebih setelah membaca nove yang berjudul “anak singkong” tersebut. Wahhh

Katanya, teknik mesin ini termasuk salah satu jurusan terbaik di UI. Konon fakultas teknik UI sudah berdiri sejak tahun 1964, usia yang sudah sangat matang dalam mendidik dan menghasilkan lulusan berkualitas tinggi tentunya.

3. Universitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta

UGM Yogyakarta

Kota Yogyakarta konon yang biasa disebut sebagai kota pelajar tentunya bukan cuman sekedar nama saja. Melainkan sebutan tersebut betul adanya dan keberadaan UGM adalah salah satu bukti bahwa Yogyakarta adalah tempat yang sangat cocok bagi pelajar. Saya pribadi sangat merasakan hawa yang sangat enak dan cocok ketika ke Yogya, memang beda yah rasanya dengan saat di Sulawesi.

UGM sebagai salah satu kampus terbesar di Indonesiatentunya memiliki daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswanya. Selain kampusnya yang sangat luas, fasilitasnya pun sangat lengkap. Di samping itu, kalian bisa belajar dimanapun ketika ke Yogyakarta, seperti dekat tugu. hehehe…

4. Institut Teknologi Sepuluh November di Surabaya

Banyak yang bilang niih pemirsa kalau ITS itu adalah pesaing terberat ITB dalam hal teknik. Selain itu, ada banyak orang yang suka membanding-bandingkan anatara dua institut teknik yang terkenal itu.

Tentunya, keduanya mempunyai perbedaan, akan tetapi masing masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tapi kalau kalian mau belajar teknik, dimana pun itu akan bagus, selama kalian bersungguh sungguh.

5. Universitas Diponegoro (Undip) di Semarang

Nih, kalau kalian berasal dari daerah jawa tengah/ semarang dan berencana untuk mengambil teknik mesin, maka kami sarankan untuk memilih UNDIP sebagai tempat kuliah kalian. Yah, setahu saya, universitas diponegoro ini juga populer loh.

Pasalnya, kampus ini terbukti mampu untuk bersaing dengan kampus favorit lainnya yang berada di tanah Jawa demi menghadirkan pendidikan dengan kualitas terbaik. Dan salah satu jurusan terbaik dan banyak diminati di Undip ini adalah teknik mesinnya. Tunggu apa lagi?

6. Universitas Brawijaya (UB) di Malang

Walah, meski tergolong kampus termuda, UB juga mampu menghadirkan dan mendidik kader kader engineer. Bisa dibilang, kampus ini juga sangat pupoler. Saking terkenalnya, saya pernah ketemu dengan peserta SBMPTN saat hari tes, dan ternyata dia sudah kuliah. Tetapi rela mengikuti tes SBMNPTN ini untuk pindah ke Universitas Brawijaya ini.

7. Universitas Sebelas Maret di Surakarta

Urutan terakhir yang sangat recommended buat kalian yang ingin melanjutkan pendidikan dan mengambil jurusan teknik mesin adalah Universitas Sebelas Maret. Program studi teknik mesin di universitas ini dibuka pada tahun 1998, yah termasuk usia yang sangat muda jika dibanding dengan prodi teknik mesin seantero PTN dalam daftar ini. Tapi faktanya, mereka bisa masuk dalam jajaran universitas terbaik. Berarti?

Ya sudah jelas, mutu pendidikan nya sudah tidak diragukan lagi tentunya. Tentunya, jurusan teknik mesin UNS musti menjadi salah satu pilihan kuliah kalian di tanah jawa.

B. Pulau Sumatera

1. Universitas Andalas di Padang

Universitas Andalas

Saatnya kita ke Pulau Sumatera. Kalau kalian ingin kuliah dan mengambil jurusan teknik mesin di tanah Andalas , pulau Sumatera, maka Universitas Andalas (Unand) merupakan salah satu tempat kuliah yang kami rekomendasi kan buat kalian. Prodi teknik Mesin Unand ini telah berdiri sejak tahun 1985 dan menghasilkan alumni yang berkualitas dan bekerja di berbagai daerah.

2. Universitas Sumatera Utara di Medan

Katanya ada banyak cewek cewek cantik loh di medan. Iyya, salah satu teman saya pun orang medan dan sangat cantik. Kota Medan adalah salah satu kota yang sibuk yang berada di tanah Andalas dan juga termasuk salah satu kota terbesar di Indonesia yang letaknya di Sumatera. Olehnya itu, bagi mereka, menghadirkan pendidikan terbaik sudah termasuk kewajiban yang harus dipenuhi. Dan teknik mesin merupakan salah satu jurusan terbaik di kampus tersebut.

3. Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh

Aceh yang merupakan kota serambi mekkah, selain terkenal dengan penduduknya yang religius, kota ini juga populer karena pendidikan tinggi yang tak kalah bagus. Itulah Unsiyah, kampus tinggi negeri yang menjadi kebanggan masayarakat Aceh.

Kampus telah ini berdiri sejak tahun 1961. Tentu dengan usia yang sudah matang,  kualitas pendidikan di Unsiyah sudah tidak diragukan dan dipertanyakan lagi. Bagi kalian yang berdomisili di Sumatera bagian Utara dan ingin menjadi seorang insinyur mesin, Unsiyah lah pilihan yang terbaik dan cocok buat kalian yang tidak ingin bepergian jauh.

C. Pulau Sulawesi dan Bagian Timur Dan Tengah Indonesia

1. Universitas Hasanuddin di Makassar

Universitas Hasanuddin.

Nah, sekarang kita akan berbicara tentang universitas yang berada di kampung halaman saya. Memang betul sih, kalau Unhas belakangan ini benar-benar hits, khususnya satu dekade terakhir. Bagaimana tidak, kampus ini baru sja diresmikan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badang Hukum (PTN-BH) dan diakui kualitasnya.

Dilengkapi dengan fasilitas dan tenaga pengajar yang profesional, Unhas menghadirkan kualitas pendidikan terbaik di kawasan timur Indonesia. Sayangnya, untuk untuk jurusan teknik mesin, akreditasi nya masih B, dan kampus nya dipisah, yakni berada di kabupaten Gowa, dikarenakan dulunya fakultas teknik selalu bentrok. Namun sekarang, alhamdulillah, sudah tidak. Baut kalian yang tinggal di Sulawesi, Kalimantan dan Indonesia Bagian Timur lainnya, Unhas adalah pilihan terbaik. Tenang saja, sekarang masih dalam tahap perkembangan fakultas teknik Unhas. In sya Allah, tidak lama jurusan teknik mesin juga akan populer.

Jujur, saya sebenarnya diterima di jurusan teknik mesin Unhas melalui tes SBMPTN, tapi entah mengapa, saya tidak mengambilnya. hehehe, lanjut….

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Manual Butterfly dengan Benar

2. Universitas Udayana di Badung

Kalau kalian mendengar kata Bali, kemungkinan besar yang terbayang dalam benakmu adalah tempat berlibur dengan keindahan pantai dimana ada banyak tourist di sana. Tidak salah sih, tapi Bali juga mempunyai kampus Universitas Udayana (Unud) yang menjadi kampus terbaik untuk jurusan teknik mesin di sana. Kalau kalian orang Bali, yah kenapa tidak?

Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia

Yang tadi di atas adalah daftar PTN dengan jurusan teknik mesin terbaik yang tersebar pada beberapa region di Indonesia. Sekarang kita akan beralih ke PTS, dimana PTS ini tidak kalah loh kualitas nya dengan PTN tadi. Kalian harus tetap mencari informasi sebanyak banyak nya dan mempersiapkan diri kalian untuk mengurus berkas atau menempuh jalur tes.

Berikut kampus swasta:

  1. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  2. Universitas Islam Indonesia (UII)  Sleman, Yogyakarta
  3. Universitas Pasundan di Bandung
  4. Universitas Trisaktidi Jakarta
  5. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya di Jakarta
  6. Universitas Kristen Petra di Surabaya
  7. Universitas Pancasila di Jakarta
  8. Universitas Gunadarma di Depok

Nah, itulah tadi daftar perguruan tinggi dengan jurusan teknik mesin yang terbaik. Jadi intinya, kalian harus mempertimbangkannya dengan baik dan jangan berhenti untuk mencari informasi sedetail mungkin. Setelah itu, persiapkan diri anda untuk mengikuti jalur masuk perguruan tinggi, apakah itu melalui jalur undangan/ SNMPTN maupun jalur tes/ SBMPTN.

Sekian dan terima kasih…