Daftar Gaji PNS 2019, Semua Jenjang Pangkat dan Pendidikan

Pada akhir tahun 2018 lalu, pemerintah kembali membuka pendaftaran CPNS. Pendaftaran tersebut disambut antusias oleh begitu banyak masyarakat. Tercatat lebih dari enam juta akun mendaftar di situs resmi BKN, padahal kuota yang tersedia hanya 280ribu. Saat ini kembali terdengar kabar bahwa CPNS akan dibuka Maret mendatang. Sambil menunggu kepastian kabar tersebut, mari baca ulasan daftar gaji PNS 2019 berikut ini.

Daftar Gaji PNS 2019

Gaji PNS (Pegawai Negri Sipil) memiliki perbedaan untuk setiap jenjang pangkatnya. Adapun jenjang pangkat pada PNS disajikan pada tabel di bawah ini.

[table id=15 /]

Lebih rinci, penjelasan dari jenjang pangkat dalam PNS itu adalah sebagai berikut.

1. Juru

Untuk PNS golongan I/a-I/d, memiliki pangkat yang disebut Juru. Jenjang pangkat Juru dimulai dari Juru Muda Tk. I, Juru Muda, Juru Tk. I, hingga Juru. PNS yang menempati golongan ini adalah PNS dengan pendidikan formal SD, SMP, atau sederajat.

Jangan lupa baca:

Berdasarkan ketentuan tersebut, pekerjaan untuk kepangkatan juru sebatas membutuhkan kemampuan dasar, belum sampai keterampilan di bidang ilmu tertentu. Dengan kata lain, Juru bertugas sebagai pemberi asistensi di berbagai kegiatan yang menjadi tanggung jawab jenjang pangkat Pengatur.

2. Pengatur

Untuk PNS golongan II/a-II/d, memiliki pangkat yang disebut Pengatur. Jenjang pangkat Pengatur dimulai dari Pengatur muda, Pengatur muda tingkat I, Pengatur, hingga Pengatur tingkat I. PNS yang menempati pangkat ini adalah PNS yang telah menempuh pendidikan formal SMA hingga D-3, atau sederajat.

Berdasarkan ketentuan tersebut, pekerjaan di tingkat ini sebenarnya sudah terkait keterampilan di bidang ilmu tertentu, namun masih sangat teknis. Artinya, dalam pelaksanaannya, Pengatur merupakan orang-orang yang menjalankan realisasi suatu kegiatan yang konsepnya telah ditentukan oleh instansinya.

Baca juga  Berapa Gaji Pramugari Per Bulan? Ini ulasan Lengkapnya

3. Penata

Untuk PNS Golongan III/a-III/d, memiliki pangkat yang disebut Penata. Jenjang pangkat Penata dimulai dari Penata muda, Penata muda tingkat I, Penata, dan Penata tingkat I. Mereka yang menempati golongan ini adalah mereka yang telah menempuh pendidikan formal S-1 atau D-4, atau sederajat.

Berdasarkan ketentuan tersebut, pekerjaan di tingkat ini menuntut keahlian di bidang ilmu tertentu dan pemahaman mendalam terhadap bidang ilmu tersebut. Karena sudah memiliki pemahaman yang komprehensif, orang yang berada di Penata bukan sekedar pelaksana teknis. Akan tetapi, mereka memiliki tanggung jawab untuk menjamin kualitas proses dan output dari kerja orang-orang di tingkat Pengatur.

4. Pembina

Untuk PNS Golongan IV/a-IV/e, memiliki pangkat yang disebut Pembina. Jenjang pangkat Pembina dimulai dari Pembina, Pembina tingkat I, Pembina utama muda, Pembina utama madya dan Pembina utama.

Pangkat Pembina merupakan jenjang tertinggi dari pangkat dalam PNS. Pangkat ini tentunya didapatkan dengan melalui perjalanan karier yang panjang sebagai PNS. Artinya, Pembina bukan hanya dituntut memiliki keahlian dan pemahaman yang mendalam, namun juga kematangan dalam bekerja.

Sesuai dengan namanya, Pembina merupakan model peran bagi jenjang pangkat lain yang berada di bawahnya. Seorang Pembina sudah seharusnya mampu membina dan mengembangkan berbagai sumberdaya untuk kemajuan institusinya.

Daftar Gaji PNS 2019 Bakalan Naik

Pada tahun 2019, gaji PNS akan dinaikkan sebesar 5%. Penerapan kenaikan gaji ini akan diberlakukan sejak bulan pertama di tahun 2019. Sebelum dinaikkan, gaji pokok PNS berada di kisaran Rp1.486.500-Rp 5.620.000. Berikut ini gambaran jika gaji PNS dinaikkan sebanyak 5%.

  • Golongan I

Untuk PNS golongan I/a yang masa dinas belum mencapai 1 tahun, mendapat gaji pokok sebesar Rp1.486.500. Dinaikkan 5%, maka gaji pokok menjadi Rp1.560.825.

Baca juga  Gaji PNS Naik 100 200, Maksudnya Apa?

Untuk PNS golongan I/d yang masa dinas sudah mencapai lebih dari 27 tahun, mendapat gaji pokok sebesar Rp2.558.700. Dinaikkan 5%, maka gaji pokok menjadi Rp2.686.635.

  • Golongan II

Untuk PNS golongan II/a yang masa dinas belum mencapai 1 tahun, mendapat gaji pokok sebesar Rp1.926.000. Dinaikkan 5%, maka gaji pokok menjadi Rp2.022.300.

Untuk PNS golongan II/d dengan masa dinas sudah mencapai lebih dari 27 tahun, mendapat gaji pokok sebesar Rp3.638.000. Dinaikkan 5%, maka gaji pokok menjadi Rp3.820.200.

  • Golongan III

Untuk PNS golongan III/a yang masa dinas belum mencapai 1 tahun, mendapat gaji pokok sebesar Rp2.456.700. Dinaikkan 5%, maka gaji pokok menjadi Rp2.579.535.

Untuk PNS golongan III/d dengan masa dinas mencapai lebih dari 27 tahun, mendapat gaji Rp4.568.800. Dinaikkan 5%, maka gaji pokok menjadi Rp4.797.240.

  • Golongan IV

Untuk PNS golongan IV/a yang masa dinas belum mencapai 1 tahun, mendapat gaji pokok Rp2.899.500. Dinaikkan 5%, maka gaji pokok menjadi Rp3.044.475.

Untuk PNS golongan IV/e dengan masa dinas lebih dari 27 tahun, mendapat gaji pokok Rp5.620.300. Dinaikkan 5%, maka gaji pokok menjadi Rp5.901.315.

Daftar gaji PNS 2019 dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

[table id=16 /]

[table id=17 /]

[table id=18 /]

[table id=19 /]

Demikian daftar gaji PNS 2019 hasil dari kalkulasi setelah kenaikan 5%. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *