Berapa Gaji Pramugari Maskapai Garuda Indonesia? Segini Penghasilannya

Apakah kalian tertarik menjadi seorang pramugari? Jawabannya tentu banyak yang ingin sekali jadi pramugari nih mesti. Sebab profesi seorang pramugari kerap menjanjikan kekayaan berlimpah bagi siapa saja yang mau bekerja di dunia ini. Apalagi hampir semua maskapai penerbangan di Indonesia memberikan gaji super tinggi kepada para pramugari. Salah satunya pada maskapai Garuda Indonesia juga sangat tinggi sekali gaji yang diberikan. Pertanyaannya, berapakah gaji pramugari maskapai garuda?

Fungsi Pramugari di Penerbangan Maskapai Garuda Indonesia

Kalian pasti bertanya-tanya. Apa sih sebetulnya fungsi dari pramugari itu? Mereka kerjaanya ngapain? Sejumlah pertanyaan itu memang kerap kali muncul di sebagai banyak orang yang penasaran dengan profesi pramugari. Ada beberapa fungsi dari pramugari di dalam kabin pesawat. Di dalam maskapai Garuda Indonesia fungsi pramugari sebagai berikut.

Gaji pramugari maskapai Garuda

Pertama, fungsi pertama pramugari yaitu untuk memberikan penyambutan bagi para pengguna pesawat. Penyambutan para penumpang biasanya dimulai dari pemberian salam penghormatan. Pada situasi ini, pramugari Garuda Indonesia biasanya akan stand by berada di depan pintu pesawat.

Kedua, fungsi kedua. Keberadaan pramugari untuk memastikan keselamatan bagi para penumpangnya. Keselamatan para penumpang meliputi alat safety apa yang sudah dipasang para penumpang. Jika seat bealt belum dipasang pada penumpang, maka pramugari akan membantu pemasangan seat bealt tersebut.

Beberapa orang kita tahu, ada sebagian yang tidak bisa memesan seat bealt karena baru pertama kali menaiki pesawat. Tapi lewat bantuan pramugari, pemasangan seat bealt ke penumpang itu akan mudah.

Baca juga:

Ketiga, fungsi pramugari yang lain, yaitu untuk membawakan barang bawaan para penumpang ke sebuah bagasi pesawat. Biasanya, pramugari akan membawakan barang bawaan penumpang jika kapasitas barang bawaanya tidak terlalu banyak. Atau dalam kondisi yang lain, misal saat ada penumpang tidak bisa mengangkat barang bawaanya ke arah bagian kabin pesawat karena tinggi badannya.

Baca juga  Wow, Inilah Total Gaji PNS Tertinggi Tahun 2019!

Makannya itu, beberapa sistem requirement pada sebuah maskapai sering menyaratkan pramugari mempunyai tinggi badan yang ideal. Tinggi badan maskapai yang ideal ini dimaksudkan supaya pramugari tersebut mampu meraih bagian kabin yang cukup tinggi.

Keempat, fungsi yang keempat. Pramugari biasanya membantu membawakan hidangan makanan kepada para penumpang. Jadi pramugari bertugas layaknya seorang pramusaji. Kendati demikian, ada beberapa maskapai yang tak memberikan konsumsi kepada para penumpangnya. Tapi pada pesawat Garuda Indonesia diberikan konsumsi kepada para penumpang. Pada maskapai Garuda Indonesia pramugari biasanya akan mengantarkan kulinernya kepada para penumpang yang ada di kabin.

Kelima, fungsi kelima, pramugari biasanya akan memberikan salam perpisahan kepada para penumpangnya. Salah perpisahan berupa ucapan terimakasih kepada para penumpang yang telah menggunakan layanan maskapai tersebut. Sebab itulah biasanya para pramugari harus melewati tes ekspresi senyum. Tujuannya tak lain untuk mencari pramugari terbaik yang bisa memberikan keramahan tinggi pada para penumpangnya.

Berapa Gaji Pramugari Maskapai Garuda Indonesia?

Gaji pramugari maskapai Garuda Indonesia konon katanya sangat tinggi. Sebab maskapai Garuda Indonesia menjadi salah satu maskapai paling sukses di Indonesia. Konon, tiap pramugari maskapai Garuda Indonesia bisa mendapatkan gaji hingga 20 juta per bulan. Gaji sebesar itu bisa diraih bagi para pramugari yang sudah profesional dengan masa kerja puluhan tahun lamanya.

Syarat Menjadi Pramugari Maskapai Garuda Indonesia?

Gaji yang menggiurkan seperti itu, disertai tuntutan kerja yang tidak terlalu berat, membuat banyak orang ingin kerja sebagai pramugari. Tapi betulkah, syarat-syarat menjadi seorang pramugari itu susah? Beberapa syarat memang susah dipenuhi. Terutama syarat tinggi badan pramugari yang minimal harus 170 cm. Tinggi badan ideal menjadi syarat wajib yang dipenuhi oleh calon pramugari. Sebab dengan tinggi badannya itu, para pramugari bisa dengan mudah menggapai tas para penumpang yang terletak di kabin pesawat. Karena pramugari ini tinggi, para pramugari bisa meraih barang-barang bawaan para penumpang.

Baca juga  Bakal Naik? Inilah Struktur dan Skema Gaji PNS 2019 Terbaru!

Baca juga:

Selain tinggi badan yang harus ideal, syarat lain yang harus dipenuhi para calon pramugari yaitu kecakapan dalam menguasai bahasa asing. Bahasa asing yang harus cakap, dikuasai oleh para pramugari yaitu bahasa Inggris. Untuk membuktikan daya kemampuan para calon pramugari dalam berbicara bahasa Inggris pasif maupun aktif, para pramugari akan di test dulu skor TOEFL-nya.

Masing-masing maskapai mempunyai batas skor TOEFL yang harus dicapai para calon pramugari. Biasanya berkisar antara 400-600.

Hal yang unik dari proses requirement di Maskapai Garuda Indonesia yaitu adanya tes pendidikan kewarganegaraan, pengalaman Pancasila, dan tes menghafal UUD. Semakin mampu calon pramugari tersebut dalam mengerjakan tes kewarganegaraan, maka semakin besar pula potensi dirinya untuk lolos.

Berikutnya ada tes kesehatan. Para pramugari tentu saja harus dalam keadaan sehat. Para calon pramugari biasanya akan menjalani serangkaian tes medis yang bisa dibilang cukup rumit. Mulai dari tes kesehatan mata, paru-paru, jantung, tekanan darah, urine, hingga tes lambung. Kapasitas paru-paru, dan daya tahan tubuh yang baik biasanya yang akan diambil oleh pihak maskapai. Selain sesuai dengan kebutuhan, badan yang sehat juga menjadikan calon pramugari tersebut biasanya akan jauh lebih produktif.

Komponen Gaji Pada Maskapai Garuda Indonesia

Ada beberapa komponen gaji pada maskapai Garuda Indonesia. Berikut beberapa komponen gajinya.

Pertama, komponen gaji pertama yang akan didapatkan para pramugari Garuda Indonesia yaitu berupa gaji pokok. Untuk besaran gaji pokok pramugari maskapai Garuda Indonesia bisanya ada pada kisaran 5 juta hingga 6 juta rupiah untuk pramugari senior. Sedangkan untuk pramugari junior, gaji pokok yang didapatkan sekitar 3 sampai 4 jutaan.

Baca juga  Tabel Daftar Gaji PNS 2018 Terbaru dan Tunjangan Kinerja

Kedua, komponen gaji kedua, yaitu berupa tunjangan terbang. Pada tambahan gaji ini diukur berdasarkan seberapa besar pesawat tersebut mengangkut penampung. Semakin besar daya kapasitas pesawatnya, maka semakin besar pula bonus terbang yang didapatkan.

Selain mempertimbangkan ukuran pesawat. Bonus terbang juga mempertimbangkan daya jangkau wilayah penerbangan pesawat. Semakin jauh wilayah penerbangan nya, maka semakin besar pula bonus yang akan diberikan.

Ketiga, maskapai Garuda Indonesia memberlakukan tunjangan kerajinan kepada para pramugari. Tunjangan kerajinan diberikan berdasarkan rajin tidak nya pramugari dalam berangkat bekerja. Semakin rajin pramugari tersebut dalam bekerja, maka semakin besar pula gaji bonus yang akan didapatkan.

Pada maskapai Garuda Indonesia, umumnya tunjangan kerajinan ini diberikan dalam setiap satu bulan sekali. Pemberiannya digabungkan dengan gaji pokok. Sayangnya pada maskapai Garuda Indonesia, pemberian tunjangan kerajinan tidak terlalu besar.

Keempat, bonus yang diberikan kepada para pramugari yaitu tunjangan harian. Kadang orang lain menyebutnya sebagai uang saku harian. Besaran uang saku yang diberikan kepada para pramugari ditentukan dengan lamanya masa kerja pramugari tersebut.

Semakin lama masa kerja pramugari. Maka semakin besar pula uang saku yang didapatkannya. Dari semua komponen-komponen tadi, jika ditotal gaji pramugari maskapai Garuda Indonesia bisa mencapai 10 juta perbulan. Gaji sebanyak itu tentu saja menggiurkan, makannya orang-orang berlomba-lomba ingin menjadi pramugari Garuda Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *