Berikut Cara Kerja AC Split Duct dan Inverter!!

Yups pemirsa, kali ini, mimin masih diberi kesehatan buat update artikel baru tentang info mesin ini. Nah, kali ini, kami datang dengan membawa sajian tentang cara kerja AC Split Duct dan Inverter, jadi yah, buat kalian yang betul2 ingin tahu informasi ini, silahkan disimak baik baik yah. hehehhe

Baiklah langsung saja ke inti pembahasan kita yah pemirsa, dimulai dari

Cara Kerja AC Split Duct

Baiklah, apa sih itu sistem ducting AC itu? Bagaimana cara kerjanya?

Tenang….

Ternyata, sistem ducting AC atau yang sering disebut dengan “Air Handling System” adalah bagian yang sangat penting dalam sistem AC dan berfungsi sebagai penghantar udara yang berasala dari sumber suhu ke ruang yang akan dikondisikan. Nah, namun perkembangan desain ducting AC sampai sekarang dipengaruhi oleh tuntutan efisiensi, khususnya efisiensi pada penggunaan energi, materi, ruang, dan perawatan.

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Manual Butterfly dengan Benar

Di samping tuntutan efisiensi, kenyamanan, kesehatan dan keselamatan juga menjadi sesuatu yang sangat didambakan bagi penggunanya. Karena itulah desain Ac split duct ini meliputi desain kebutuhan ventilasi, filtrasi, dan humidity.

Source: service ac.web.id

Cara Kerja AC Split Inverter

Ternyata, saat pendingin udara inverter aktif, kompresor akan beroperasi pada kecepatan yang tinggi guna mendinginkan ruangan dengan cepat. Dan setelah suhu ruangan tersebut sudah hampir sampai pada suhu yang telah diatur, maka kompresor akan menjadi lebih lambat, dan mempertahankan suhu konstan guna menghemat energi. Kerennya lagi pemirsa, suhu ruangan yang naik turun tidak menentu akan terdeteksi dan kompresor ini akan menjadikan suhu tersebut kembali normal sesuai yang telah diatur.

Universitas Dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Kelebihannya, penggunaan AC inverter bisa menghemat penggunaan listrik hingga 30-50% ketika beroperasi daripada AC Non Inverter. Fungsi dari inverter AC adalah mengontrol kecepatan motor kompresor dalam mengendalikan aliran refrigeran dalam sistem AC dan mengatur suhu ruang-AC.

Kelebihan AC inverter

Berdasarkan harganya, AC Inverter dengan banyak kelebihan tentunya lebih mahal dibandingkan dengan AC non inverter. Apa saja sih kelebihannya?

  • Menghabiskan lebih sedikit daya
  • Lebih cepat mencapai suhu yang diinginkan
  • Waktu start up berkurang hingga 30%
  • Lebih tenang dan tidak berisik
  • Tidak ada fluktuasi suhu, memaksimalkan tingkat kenyamanan
  • Tidak ada tegangan puncak dari kompresor

Intinya, AC inverter ini lebih bagus karena dapat mengurangi tagihan energi listrik kalian. Jadi ada baiknya jika kalian membayar lebih untuk sebuah AC inverter sehingga kalian dapat merasakan manfaatnya kemudian.

Barang kali ada yang ingin mengetahui informasi tambahan, tentang cara kerja kipas angin model ac split, dimana model kipas angin ini dibentuk dari sebuah indoor AC yg memiliki evapurator/ pipa tembaga yang bocor dan rusak. Namun, modul ataupun kipasnya masih bisa berfungsi dengan baik sehingga cara kerja dan kegunaanya sama halnya dengan AC pada umumnya, yakni dapat mengatur kecepatan kipas, timer, fungsi swing dan sebagainya.

Dan mengenai prinsip kerja ac sentral, silahkan searching di google yah 🙂

Baiklah, terima kasih dan salam yahh

Pengalaman Pingin Kuliah Teknik di UTM Malaysia, Semoga Sukses

Selamat datang pemirsa, kali ini, saya akan sharing pengalaman saya, mengenai step step yang saya tempuh untuk bisa menjadi mahasiswa di sana, bukan mahasusah yah,wkwkwk….. Universiti Teknologi Malaysia, yah tempat kuliah bapak saya ketika mengambil s3 nya..

Cerita ini dimulai setelah saya Ujian Nasional SMA 2017, (Madrasah Aliah, lulusan pesantren) dan tentunya saya ingin melanjutkan pedidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Jadi saya berinisiatif mengikuti SBMPTN (karena SNMPTN saya tidak lulus) untuk kuliah di ITB. Di SBMPTN itu kan kita bisa memilih 3 prodi. Tentunya saya memilih teknik mesin ITB sebagai pilihan pertama yang di prioritaskan. Tapi sayang, saya lulus nya di Universitas Hasanuddin di Makassar, jadi saya tidak mengambilnya karena setahu saya, akreditasiya masih B dan saya sedikit takut dengan keadaan di Makassar.

Sebelum itu, saya sudah dapat tawaran dari ayah saya sendiri untuk kuliah di luar negri, yakni di UTM. Wah, dalam negri aja nggak lulus, bagaiamana mau lulus ke luar negri. Tapi tekad saya sudah bulat, layaknya judi, saya harus pertaruhkan semuanya. Dalam hati, semoga rejeki saya di Luar negri ya Allah… Amiiinnn..

UTM Malaysia Johor Bahru

Sebenarnya, masuk di UTM Malaysia itu nggak sesulit yang kita pikir. Teman saya yang mengikut gelombang pertama, cukup dengan mengumpulkan nilai rapor, iyya gel. 1 itu pas kita masih kelas 3 SMA. Jadi buat kalian yang pingin kuliah di sana, yah kalian bisa mengumpulkan nilai rapor asalakan ikut gelombang pertama. Tenang aja, masalah Sertifikat Bahasa Inggirs, seperti IELTS, TOEFL dsb. bisa dipelajari di sana dengan mengikut akademik bahasa yang disediakan oleh Universiti Teknologi Malaysia sendiri.

Tapi saya di sini ikutnya gelombang kedua guys, saya terlambat mengetahui informasi ini, jadi terpaksa mengumpulkan nilai ijazah, certificate dan sebagainya. Yah, terlambat 1 semester, mau gimana lagi, toh saya punya persiapan yang  lebih.

Oelhnya itu, saya putuskan untuk ke Kampung Inggris di Pare buat belajar IELTS selama 2 bulan lebih. kalau kalian mau belajar di sana, silahkan tanya tanya ke aku yah tempatnya, kontak wahyusetiawanblog@gmail. com. Mumpun ada kesempatan, jadi saya harus belajar baik baik.

Singkat cerita, 2 bulan telah berlalu, saya langsung mempersiapkan diri untuk mengikut Real Test IELTS di Yogyakarta , sekaligus jalan jalan, hehehe. Nilai IETLS yang dibutuhkan ke UTM adalah 5,5.

Tentang IELTS, yang paling mendebarkan itu ketika bicara sama bicara sama buulenya, dia senyum2 ke saya sebelum memulai speaking, hehhe, Saya sendiri adalah peserti termuda di ruangan pada waktu itu. Setelah test, tnggal tunggu pengumuman, yah kalau dapat scorenya, jadi gak perlu ambil academic, kalau nggak yah ambil academic di UTM lagi. Seritifikat bahasa Inggris sendiri adalah sunnah loh guys, kalian bisa mengambilnya nanti, seperti kebanyakan orang yang mengikuti gelombang pertama, mereka mengambil sertifikat nya di Malaysia nanti.

Pengumuman pun tiba, haru jum at 13 hari setelah tanggal test, dan Alhamdulillah, score saya overall 6.0. Yah tinggal mengurus berkas lainnya…

Nilai yang dibutuhkan

Nilai rata2 yang dibutuhkan untuk mendaftar di UTM adalah 7. Itu adalah gabungan dari nilai rapor, Ujian sekolah dan Ujian nasional.

Prosedur yang salah sebenarnya

Prosedur yang salah telah saya tempuh. Saya seharusnya mendaftar dulu ke UTM baru ke Pare buat bahasa Inggris, toh bahasa Inggris bisa nanti. Jadi saya harus kejar waktu, mau tidak mau. Saya harus kuasa IELTS dalam waktu sesingkat singkat nya. Dan Alhamdulillah, nilai saya sampai dan yah, begitulah….

Menunggu setelah submit documents

Setelah semua berkas siap, saatnya mendaftar. UTM ingin menerima hasil kopian langsung melalui kurir alais post. Waktu itu, saya mempercayakan J*E untuk mengantarkan berkas saya ke Malaysia. Yah, kata merek 3- 4 hari sudah sampai, tapi faktanya??

Sudah 6 hari bahkan lebih, berkas saya belum sampai ke teman saya di sana. Saya tidak langsung mengirimnya ke pos UTM karena adanya uang registrasi yang harus di bayar dalam ringgit, dan saya sedikit pusing untuk membayarnya, jadi saya mempercayakan teman untuk mengantar berkas saya langsung ke sana. Yah, karena kurir lambat, dan pendaftaran udah mau tutup, teman saya yang cerdik dan pintar, memperint out semua berkas yang telah saya kirimkan melalui internet (hasil scan) dan dipakai untuk mendaftar , toh berhasil dan tinggal menunggu offer letter . Makasih husnul …… 🙂

Pengumuman

Hampir 1 bulan pun saya menunggu, dan alhamdulillah, 19 November 2017, pemberitahuan pun datang melalui email. Awalnya saya sudah psimis dan percaya gak bakal keterima tapi, Alhamdulillah, Allah selalu berbuat baik kepada hambanya, saya sudah dapat offer letter dan meneruskan pengurusan Visa VAL dan SEV. Yups, saat mengurus menulis artikel ini, saya sedang mengurus visa dan sebagainya. Jadi nantikan lanjutannya yah guys. Terima kasih dan salam

Universitas Dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Teknik mesin adalah salah satu jurusan yang mempunyai banyak peminat di dunia perkuliahan. Bagaimana tidak, jurusan ini memiliki prospek / peluang kerja yang sangat menjanjikan. Tak heran yah kenapa fakultas teknik menjadi sangat populer Indonesia dan beberapa orang yang mencari tahu tentang teknik mesin terbaik di Indonesia.

Karena kepopulerannya itu, sehingga banyak orang mencari informasi mengenai kampus atau fakultas teknik mesin terbaik di Indonesia. Meski tidak terlalu banyak orang yang mencarinya (sebetulnya saya telah melakukan riset kata kunci tentang universitas terbaik untuk teknik mesin di Indonesia), saya akan tetap membuat artikel tentang jurusan teknik terbaik.

Kenapa?

Yah, karena saya cuman ingin share, saya suka berbagi, dan saya memiliki mimpi untuk kuliah dan mengambil mechanical engineering di universitas. Doakan yah pemirsa….

Ada loh fakta unik tentang jurusan teknik mesin ini, yang katanya tempat berkumpulnya cowok keren yang gondrong, dan kerap disebut sebagai kandang singa. Wkwkwkw.. Saya sebenarnya sedikit heran, kok bisa yah, emangnya anak teknik mesin itu galak galak yah… Allahu a’lam.

Di samping itu, jurusan teknik mesin  juga diklaim sebagai jurusan yang paling senior di antara semua jurusan di fakultas teknik, sama sih dengan teknik sipil. Dengan mata pelajarannya yang termasuk turunan ilmu fisika, yakni fisika terapan, teknik mesin akan menguras otak kalian untuk mempelajari bagaimana cara benda bisa bergerak, bagaimana mesin bekerja dan sebagainya. So persaiapkan diri kalian yah.

Setahu saya nih yah, orang orang yang mencari informasi tentang tempat kuliah terbaik untuk teknik mesin adalah orang yang belum kuliah dan memiliki minat untuk masuk ke fakultas teknik ini.

Sedikit tips nih yah, sebaiknya kalian yang ingin masuk jurusan ini, memiliki dasar ilmu berhitung seperti matematika, fisika dan sebagainya.

Berikut universitas dengan jurusan teknik mesin terbaik di Indonesia

A. Pulau Jawa

Jawa, pulau yang menjadi pusat peradaban di Indonesia, tentu mempunyai kelebihan  tersendiri dalam segala aspeknya, baik dari segi pekerjaan maupun dari segi pendidikan. Olehnya itu, bisa dikatakan bahwa universitas tebaik yang ada di Indonesia ini berada di Pulau Jawa.

1. Teknik mesin Intitut Teknik Bandung (ITB)

Source: itb.ac.id

Walah, kalau yang satu ini, udah jelas ketenarannya yah. Siapa sih yang tidak tahu dengan kampus terbaik yang satu ini. Faktanya, sejak dulu ITB telah menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang berminat mengambil jurusan teknik ketika kuliah. Untuk teknik mesin sendiri berada di bawah Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB.

Beralih ke pengalaman pribadi saya, ketika mengikut SNMPTN (jalur undangan) untuk masuk di kampus ini, dengan nilai yang lumayan tinggi, alhamdulillah, saya tidak diterima dan dinyatakan tidak lulus SNMPTN. yeee…

Sama halnya dengan SBMPTN/ jaur tes, alhadulillah saya juga tidak lulus. Padahal ITB adalah kampus impian saya. Jadilah saya tidak kuliah.

2. Universitas Indonesia (UI) di Jakarta

Universitas Indonesia

Sama nih, UI alias Universitas Indonesia sudah menjadi kampus terbaik di Indonesia, dimana semua jurusan dan fakultasnya menghasilkan lulusan lulusan yang berkualitas dan siap bekerja. Walah…

Kampus tertua setelah UII Yogyakarta ini sudah tidak diragukan dalam memberikan layanan pendidikan pada jurusan nya. Hal ini terlihat jelas dengan banyak nya alumni yang sukses dalam karir mereka. Contohnya, Chaerul Tanjung, lulusan  kedokteran gigi UI yang menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia dan mempunyai banyak yayasan yang bergerak di bidang sosial. Jujur, saya sangat mengidolakan beliau CT, terlebih setelah membaca nove yang berjudul “anak singkong” tersebut. Wahhh

Katanya, teknik mesin ini termasuk salah satu jurusan terbaik di UI. Konon fakultas teknik UI sudah berdiri sejak tahun 1964, usia yang sudah sangat matang dalam mendidik dan menghasilkan lulusan berkualitas tinggi tentunya.

3. Universitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta

UGM Yogyakarta

Kota Yogyakarta konon yang biasa disebut sebagai kota pelajar tentunya bukan cuman sekedar nama saja. Melainkan sebutan tersebut betul adanya dan keberadaan UGM adalah salah satu bukti bahwa Yogyakarta adalah tempat yang sangat cocok bagi pelajar. Saya pribadi sangat merasakan hawa yang sangat enak dan cocok ketika ke Yogya, memang beda yah rasanya dengan saat di Sulawesi.

UGM sebagai salah satu kampus terbesar di Indonesiatentunya memiliki daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswanya. Selain kampusnya yang sangat luas, fasilitasnya pun sangat lengkap. Di samping itu, kalian bisa belajar dimanapun ketika ke Yogyakarta, seperti dekat tugu. hehehe…

4. Institut Teknologi Sepuluh November di Surabaya

Banyak yang bilang niih pemirsa kalau ITS itu adalah pesaing terberat ITB dalam hal teknik. Selain itu, ada banyak orang yang suka membanding-bandingkan anatara dua institut teknik yang terkenal itu.

Tentunya, keduanya mempunyai perbedaan, akan tetapi masing masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tapi kalau kalian mau belajar teknik, dimana pun itu akan bagus, selama kalian bersungguh sungguh.

5. Universitas Diponegoro (Undip) di Semarang

Nih, kalau kalian berasal dari daerah jawa tengah/ semarang dan berencana untuk mengambil teknik mesin, maka kami sarankan untuk memilih UNDIP sebagai tempat kuliah kalian. Yah, setahu saya, universitas diponegoro ini juga populer loh.

Pasalnya, kampus ini terbukti mampu untuk bersaing dengan kampus favorit lainnya yang berada di tanah Jawa demi menghadirkan pendidikan dengan kualitas terbaik. Dan salah satu jurusan terbaik dan banyak diminati di Undip ini adalah teknik mesinnya. Tunggu apa lagi?

6. Universitas Brawijaya (UB) di Malang

Walah, meski tergolong kampus termuda, UB juga mampu menghadirkan dan mendidik kader kader engineer. Bisa dibilang, kampus ini juga sangat pupoler. Saking terkenalnya, saya pernah ketemu dengan peserta SBMPTN saat hari tes, dan ternyata dia sudah kuliah. Tetapi rela mengikuti tes SBMNPTN ini untuk pindah ke Universitas Brawijaya ini.

7. Universitas Sebelas Maret di Surakarta

Urutan terakhir yang sangat recommended buat kalian yang ingin melanjutkan pendidikan dan mengambil jurusan teknik mesin adalah Universitas Sebelas Maret. Program studi teknik mesin di universitas ini dibuka pada tahun 1998, yah termasuk usia yang sangat muda jika dibanding dengan prodi teknik mesin seantero PTN dalam daftar ini. Tapi faktanya, mereka bisa masuk dalam jajaran universitas terbaik. Berarti?

Ya sudah jelas, mutu pendidikan nya sudah tidak diragukan lagi tentunya. Tentunya, jurusan teknik mesin UNS musti menjadi salah satu pilihan kuliah kalian di tanah jawa.

B. Pulau Sumatera

1. Universitas Andalas di Padang

Universitas Andalas

Saatnya kita ke Pulau Sumatera. Kalau kalian ingin kuliah dan mengambil jurusan teknik mesin di tanah Andalas , pulau Sumatera, maka Universitas Andalas (Unand) merupakan salah satu tempat kuliah yang kami rekomendasi kan buat kalian. Prodi teknik Mesin Unand ini telah berdiri sejak tahun 1985 dan menghasilkan alumni yang berkualitas dan bekerja di berbagai daerah.

2. Universitas Sumatera Utara di Medan

Katanya ada banyak cewek cewek cantik loh di medan. Iyya, salah satu teman saya pun orang medan dan sangat cantik. Kota Medan adalah salah satu kota yang sibuk yang berada di tanah Andalas dan juga termasuk salah satu kota terbesar di Indonesia yang letaknya di Sumatera. Olehnya itu, bagi mereka, menghadirkan pendidikan terbaik sudah termasuk kewajiban yang harus dipenuhi. Dan teknik mesin merupakan salah satu jurusan terbaik di kampus tersebut.

3. Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh

Aceh yang merupakan kota serambi mekkah, selain terkenal dengan penduduknya yang religius, kota ini juga populer karena pendidikan tinggi yang tak kalah bagus. Itulah Unsiyah, kampus tinggi negeri yang menjadi kebanggan masayarakat Aceh.

Kampus telah ini berdiri sejak tahun 1961. Tentu dengan usia yang sudah matang,  kualitas pendidikan di Unsiyah sudah tidak diragukan dan dipertanyakan lagi. Bagi kalian yang berdomisili di Sumatera bagian Utara dan ingin menjadi seorang insinyur mesin, Unsiyah lah pilihan yang terbaik dan cocok buat kalian yang tidak ingin bepergian jauh.

C. Pulau Sulawesi dan Bagian Timur Dan Tengah Indonesia

1. Universitas Hasanuddin di Makassar

Universitas Hasanuddin.

Nah, sekarang kita akan berbicara tentang universitas yang berada di kampung halaman saya. Memang betul sih, kalau Unhas belakangan ini benar-benar hits, khususnya satu dekade terakhir. Bagaimana tidak, kampus ini baru sja diresmikan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badang Hukum (PTN-BH) dan diakui kualitasnya.

Dilengkapi dengan fasilitas dan tenaga pengajar yang profesional, Unhas menghadirkan kualitas pendidikan terbaik di kawasan timur Indonesia. Sayangnya, untuk untuk jurusan teknik mesin, akreditasi nya masih B, dan kampus nya dipisah, yakni berada di kabupaten Gowa, dikarenakan dulunya fakultas teknik selalu bentrok. Namun sekarang, alhamdulillah, sudah tidak. Baut kalian yang tinggal di Sulawesi, Kalimantan dan Indonesia Bagian Timur lainnya, Unhas adalah pilihan terbaik. Tenang saja, sekarang masih dalam tahap perkembangan fakultas teknik Unhas. In sya Allah, tidak lama jurusan teknik mesin juga akan populer.

Jujur, saya sebenarnya diterima di jurusan teknik mesin Unhas melalui tes SBMPTN, tapi entah mengapa, saya tidak mengambilnya. hehehe, lanjut….

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Manual Butterfly dengan Benar

2. Universitas Udayana di Badung

Kalau kalian mendengar kata Bali, kemungkinan besar yang terbayang dalam benakmu adalah tempat berlibur dengan keindahan pantai dimana ada banyak tourist di sana. Tidak salah sih, tapi Bali juga mempunyai kampus Universitas Udayana (Unud) yang menjadi kampus terbaik untuk jurusan teknik mesin di sana. Kalau kalian orang Bali, yah kenapa tidak?

Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia

Yang tadi di atas adalah daftar PTN dengan jurusan teknik mesin terbaik yang tersebar pada beberapa region di Indonesia. Sekarang kita akan beralih ke PTS, dimana PTS ini tidak kalah loh kualitas nya dengan PTN tadi. Kalian harus tetap mencari informasi sebanyak banyak nya dan mempersiapkan diri kalian untuk mengurus berkas atau menempuh jalur tes.

Berikut kampus swasta:

  1. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  2. Universitas Islam Indonesia (UII)  Sleman, Yogyakarta
  3. Universitas Pasundan di Bandung
  4. Universitas Trisaktidi Jakarta
  5. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya di Jakarta
  6. Universitas Kristen Petra di Surabaya
  7. Universitas Pancasila di Jakarta
  8. Universitas Gunadarma di Depok

Nah, itulah tadi daftar perguruan tinggi dengan jurusan teknik mesin yang terbaik. Jadi intinya, kalian harus mempertimbangkannya dengan baik dan jangan berhenti untuk mencari informasi sedetail mungkin. Setelah itu, persiapkan diri anda untuk mengikuti jalur masuk perguruan tinggi, apakah itu melalui jalur undangan/ SNMPTN maupun jalur tes/ SBMPTN.

Sekian dan terima kasih…

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Manual Butterfly dengan Benar

Yups, Alhamdulillah saya masih diberikan kesempatan oleh Allah swt. untuk berbagi dengan kalian semua mengenai info seputar mesin. Meski sebenarnya hari, saya mengalami sesuatu yang tidak nyaman, namun itu semua masih harus kita syukuri. Baiklah, masuk kepada pembahasan inti kita, yakni tentang “Cara Memperbaiki Mesin Jahit Manual Butterfly dengan Benar”. Kami harap artikel ini bisa menjadi sangat bermanfaat bagi kalian semua, terutama yang memiliki mesin jahit manual jenis butterfly ini. Yah, namun sayangnya, kami belum bisa memaparkan cara pakai mesin jahit tersebut.

Katanya, hanya segelintir orang yang mengetahui cara memperbaiki mesin jahit manual jenis Butterfly ini, meski yang tahu cara pakai mesin jahit ini sebenarnya ada banyak. Nah, mesin jahit jenis ini memang memiliki banyak penggemar, salah satu alasannya yah  karena harganya yang cukup terjangkau.

Sekilas mengenai mesin jahit butterfly

Seperti yang kami katakan, meski banyak orang yang tahu cara menggunakannya, tak banyak dari pengguna mesin jahit yang mampu memperbaikinya jika terjadi masalah alias kerusakan pada mesin jahit ini. Seperti halnya dengan peralatan lain, mesin ini juga memiliki banyak pengguna akan tetapi cuma sedikit yang bisa memperbaiki.

Baca juga: Tutorial Cara Membongkar Mesin Semua Jenis Sepeda Motor

Nah, kalau kalian juga termasuk pengguna mesin jenis butterfly ini, maka kami sarankan agar kalian mencoba untuk mempelajarinya saat terjadi kerusakan/ masalah sendiri secara mendiri lewat artikel yang kami siapkan. Dengan demikian, kalian sudah bisa menjadi seorang professiona, cieeee… untuk menjadi tukang service mesin jahit ini. Tidak, maksud saya kalian sudah tidak perlu lagi untuk memanggil bantuan tukang hanya untuk memperbaikinya. So, congratulation!!

Sebenarnya masih ada banyak pembahasan terkait dengna topik mesin jahir seperti cara memperbaiki mesin jahit singer manual, mesin jahit portable, jahit mini portable, cara menggunakan mesin jahit manual, harga mesin jahit butterfly manual baru, cara servis hingga mesin jahit panggilan. Namun kami belum bisa memaparkannya sekarang ini.

Mesin jahit sendiri tersedia dalam banyak pilihan, mulai dari jenis sampai brand. Untuk mesin jahit Butterfly sendiri tidak hanya tersedia dalam pilihan manual saja, ada juga yang portabel. Butterfly sendiri merupakan brand yang sangat populer di Indonesia. Banyak penjahit yang menggunakan mesin jahit ini. Mesin jahit Butterfly terkenal dengan kualitasnya yang cukup bagus serta ditawarkan dengan harga murah. Baik untuk mesin jahit manual ataupun mesin jahit portabel, harganya cukup terjangkau. Selain itu, mesin jahit Butterfly juga cukup mudah digunakan bahkan bagi para pemula.

Panduan Cara Memperbaiki Mesin Diesel Dongfeng Terbaru

Megapa mesin Butterfly ini banyak dipakai?

Yah, karena banyak kelebihan yang dimiliki oleh mesin ini sehingga mesin jahit Butterfly menjadi mesin jahit idaman bagi masyarakat Indonesia. Sayang, penggunanya tak sebanayak CS nya yah pemirsa, tuh cuman dikit aja yang tahu cara perbaikinya. Berdoalah semoga setelah membaca artikel ini, kalian sudah bisa memperbaiki sendiri mesin jahit butterfly kalian yah pemirsa

Trik Tutorial dalam mengati kerusakan pada mesin jahit manual butterfly ini

1. Mesin yang berisik dan bunyinya jelek

Mesin menjadi tidak lancar alis tersangkut dikarenakan dalam mesin jahit yang kering (kurang mendapat minyak pelumas) ataukah ada sisa benang-benang yang lepas dan tersangkut pada mesin. Kemungkinan banyak nya debu dan sisa serat kain pada gigi mesin bisa menjadi biang kerok masalah ini.

Solusinya nih yah guys, kalian sebaiknya membersihkan mesin jahit dari serat-serat kain dan benang yang tertinggal pada celah celah gigi mesin dengan menggunakan kuas. Yang kedua, silahkan buat minyak mesin. Nah, minyak mesin ini apa yah?

Minyak mesin, yah minyak yang bisa membuat mesin lebih cepat, yah lebih cocok ke pelumas mesin yah…

Caranya?

Simple kok, kalian cukup mencampur minyak kelapa dengan minyak tanah guys. Jadilah minyak mesin, hehehhe

Jadinya, berikanlah minyak pelumas ini pada throat plate (penutup gigi) dengan pelumas yang berkualitas baik. Kalau perlu, kalian sebaiknya melepaskan penutup gigi sebelum membersihkan mesin dengan melepaskan kan dua buah baut yang terpasang pada penutup gigi.

Terkhir nih, tentunya sebaiknya kalian memberikan minyak msin pada bagian-bagian mesin yang menimbulkan gesekan saat mesin berputar. Lanjut…

Penting!!!! Cara Memperbaiki Mesin Jahit yang Rusak Dengan Tepat

2. Benang jahitan bagian atas yang sering putus

Masalah pertama yang sering muncul adalah putusnya benang jahitan yang sering sekali terjadi. Penyebab masalah ini bisa disebabkan oleh benang jahit yang tersangkut akibat menjahit dengan arah salah. Selain itu, penyebab lainnya bisajuga dikarenakan memasang jarum terlalu ke bawah menyebabkan ketegangan benang terlalu besar dan gampang putus.

Selanjutnya, benang terlalu kasar atau terlalu halus juga bisa menjadi alasan terjadinya gangguan ini. Ketidak sesuaian dengan jenis kain yang dijahit, serasikan antara benang dan kain yang dijahit, serta nomer jarumnya juga termasuk penyebab lainnya.

Olehnya itu, cara mengatasi hal ini adalah dengan memastikan putaran roda mesin agar tidak terbalik meski hanya sebentar (beberapa putaran) saja. Perhatikan posisi jarum mesin jahit apakah sudah tepat pada tempatnya atau belum, tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Selain itu, jangan lupa untuk sesuaikan nomor benang dan nomor jarum sesuai dengan kain yang dijahit.

3. Hasil jahitan yang mengerut secara merata

Adanya kerutan pada kain hasil jahitan disebabkan oleh kuatnya tegangan benang secara berlebihan. Pada dasarnya, hal ini juga dikarenakan adanya kesalahan pada pemasangan benang bawah, mungkin spulnya yang terbalik atau kah benangnya yang tidak melewati jalan yang benar sehingga ketegangan benang bawah menjadi terlalu kuat, tetapi diimbangi dengan cara memutar pengatur ketegangan benang atas hingga ketegangan benangnya menjadi seimbang.

Alhasil, ketegangan benang atas dan bawah menjadi seimbang namun ketegangan benangnya menjadi terlalu kuat. Nah, hasil jahitan yang terlalu kuat inilah yang menyebabkan kain hasil jahitan menjadi berkerut-kerut merata sepanjang jahitan.

Jangan lupa: Bagaimana Cara Kerja Mesin Pembuat Es Krim dan Komponennya?

Cara mengatasi masalah ini yakni dengan memeriksa kembali sekoci mesin. Ingat, kalian sebaiknya memastikan posisi benang bawah yang sudah mapan tidak terlalu seret tarikannya. Kedua, putarlah ke kiri pengatur ketegangan benang atas hingga keseimbangan ketegangan benang serasi dengan benang bawah.

4. Benang jahit bawah yang sering putus

Nah, penyebab masalah benang jahit bawah yang putus adalah tidak rapinya gulungan benang bawah pada spul/kumparan. Selain itu, masalah tersebut juga bisa disebabkan oleh besarnya tegangan benang pada sekoci dan putaran benang bawah yang kebalik (seharusnya putaran kumparan benang berlawanan arah jarum jam). Terakhir bisa disebabkan karena jalur benang yang tidak sempurna saat melewati rumah sekoci.

Solusinya adalah, silahkan periksa pemasangan spul benangnya pada sekoci. Jika kalian menarik benang, maka pastikan arah putaran spul berlawanan arah jarum jam. Yang kedua adalah dengan memastikan jalur benang bawah yang telah terpasang melewati rumah sekoci dengan benar.

5. Hasil jahitan yang mengerut dan tidak merata

Hasil jahitan yang tidak rata dan loncat- loncat disebabkan karena tumpulnya jarum pada mesin jahit, sehingga mesin menjadi bermasalah dan tentunya tidak tajam lagi. Saat jarum tersebut jatuh pada sela- sela kain yang dijahit, maka hasilnya jahitan akan normal.

Namun, ketika yang jatuh tersebut adalah jarum yang tumpul, maka kain akan tertarik ikut benang tumpul dan terjadi lah kerutan pada kain jahitan. Itulah sebabnya hasil jahitan menjadi kerut dan meloncat-loncat.

Yah cara ngatasinnya yah tinggal ganti aja jarumnya ke jarum jahit baru lagi, harganya tidak seberapa loh pemirsa. Senantiasalah memilih jarum yang berkualitas demi terciptanya hasil yang baik dan berkualitas tinggi pula.

6. Jarum yang mudah patah

Nah, biasanya yang menjadi penyebab jarum mesin butterfly sering patah adalah karena tidak adanya kesesuaian anatara bahan yang akan dijahit dengan besar jarum penjahit. Sehingga menjadikan jarum sering patah.

Olehnya itu, kalian sebaiknya memeriksa bahan tersebut, apakah bahannya terlalu tebal sehingga jarum tidak kuat untuk menahannya. Atau bisa juga karena alasan lain, seperti pemasangan jarum yang kurang tepat. Jangan lupa untuk memeriksa sekoci terbentuk jarum, hal itu juga bisa menjadikan jarum mudah patah.

Demikianlah artikel kami kali yah pemirsa, semoga bermanfaat dan salam sukses..

Terima kasih

Cara Memperbaiki Mesin Jahit yang Rusak Dengan Tepat

Alhamdulillah, kali ini saya masih memiliki kesempatan untuk membagikan artikel sepuatr mesin. Nah, kali ini saya akan membagikan artikel dengan judul “Cara Tepat Memperbaiki Mesin Jahit yang Rusak”. Semoga artikel mengenai cara memperbaiki mesin jahit ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi panduan tutorial bagi kalian semua bilamana terjadi masalah masalah pada mesin jahit kalian.

Kerusakan pada mesin jahit memang sangat menjengkelkan jika kita sedang asyik- asyiknya menjahit. Bukan main efeknya yang bisa membuat jahitan kita kurang maksimal dikarenakan masalah seperti ini. Nah, jika kalian baru saja memulai belajar untuk menjahit, maslah seperti itu bisa saja terjadi dan akan menjadikan minat menjahit kalian yang tadinya berapi-api menjadi down.

Ada banyak jenis mesin jahit, seperti mesin jahit manual butterfly, mini staples dan sebagainya.

Kerusakan yang biasa terjadi pada mesin jahit dan cara mengatasinya

Cara menggunakan mesin jahit tangan biasa menimbulkan masalah seperti yang akan kita paparkan satu per satu. Untuk itu, sebaiknya kalian berlaku bijak dalam menggunakan mesin jahit tersebut.

Selanjutnya, kami juga akan membuat postingan mengenai cara pakai mesin jahit, in sya Allah.

1. Mesin yang berisik dan srek srek

Mesin menjadi tidak lancar alis tersangkut dikarenakan dalam mesin jahit yang kering (kurang mendapat minyak pelumas) ataukah ada sisa benang-benang yang lepas dan tersangkut pada mesin. Kemungkinan banyak nya debu dan sisa serat kain pada gigi mesin bisa menjadi biang kerok masalah ini.

Baca juga: Cara Kerja Mesin Frais/ Milling Machine

Solusinya nh yah guys, kalian sebaiknya membersihkan mesin jahit dari serat-serat kain dan benang yang tertinggal pada celah celah gigi mesin dengan menggunakan kuas. Yang kedua, silahkan buat minyak mesin. Nah, minyak mesin ini apa yah?

Minyak mesin, yah minyak yang bisa membuat mesin lebih cepat, yah lebih cocok ke pelumas mesin yah…

Caranya?

Gampang dan mudah, saya dulu ingat pernah membuat minyak mesin untuk menambah speed/ kecepatan mainan mobil tamiya saya dulunya, tapi work loh, emang ampuh mesinnya. Kalian tinggal mencampur minyak kelapa dengan minyak tanah guys. Jadilah minyak mesin, hehehhe

Jadinya, berikanlah minyak pelumas ini pada throat plate (penutup gigi) dengan pelumas yang berkualitas baik. Kalau perlu, kalian sebaiknya melepaskan penutup gigi sebelum membersihkan mesin dengan melepaskan kan dua buah baut yang terpasang pada penutup gigi.

Terkhir nih, tentunya sebaiknya kalian memberikan minyak msin pada bagian-bagian mesin yang menimbulkan gesekan saat mesin berputar. Lanjut…

2. Benang jahitan bagian atas yang sering putus

Masalah pertama yang sering muncul adalah putusnya benang jahitan yang sering sekali terjadi. Penyebab masalah ini bisa disebabkan oleh benang jahit yang tersangkut akibat menjahit dengan arah salah. Selain itu, penyebab lainnya bisajuga dikarenakan memasang jarum terlalu ke bawah menyebabkan ketegangan benang terlalu besar dan mudah putus.

Baca: Cara Penggunaan Mesin Fotocopy Hingga Perawatannya Bagi Pemula

Selanjutnya, benang terlalu kasar atau terlalu halus juga bisa menjadi alasan terjadinya gangguan ini. Ketidak sesuaian dengan jenis kain yang dijahit, serasikan antara benang dan kain yang dijahit, serta nomer jarumnya juga termasuk penyebab lainnya.

Untuk itu, cara mengatasi hal ini adalah dengan memastikan putaran roda mesin agar tidak terbalik meski hanya sebentar (beberapa putaran) saja. Perhatikan posisi jarum mesin jahit apakah sudah tepat pada tempatnya atau belum, tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Selain itu, jangan lupa untuk sesuaikan nomor benang dan nomor jarum sesuai dengan kain yang dijahit.

3. Hasil jahitan yang mengerut secara merata

Adanya kerutan pada kain hasil jahitan disebabkan oleh kuatnya tegangan benang secara berlebihan. Pada dasarnya, hal ini juga dikarenakan adanya kesalahan pada pemasangan benang bawah, mungkin spulnya yang  terbalik atau kah benangnya yang  tidak melewati jalan yang benar sehingga ketegangan benang bawah menjadi terlalu kuat, tetapi diimbangi dengan cara memutar pengatur ketegangan benang atas hingga ketegangan benangnya menjadi seimbang.

Alhasil, ketegangan benang atas dan bawah menjadi seimbang namun ketegangan benangnya menjadi terlalu kuat. Nah, hasil jahitan yang terlalu kuat inilah yang menyebabkan kain hasil jahitan menjadi berkerut-kerut merata sepanjang jahitan.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Mesin Pembuat Es Krim dan Komponennya?

Cara mengatasi masalah ini yakni dengan memeriksa kembali sekoci mesin. Ingat, kalian sebaiknya memastikan posisi benang bawah yang sudah mapan tidak terlalu seret tarikannya. Kedua, putarlah ke kiri pengatur ketegangan benang atas hingga keseimbangan ketegangan benang serasi dengan benang bawah.

4. Benang jahit bawah yang sering putus

Nah, penyebab masalah benang jahit bawah yang putus adalah tidak rapinya gulungan benang bawah pada spul/kumparan. Selain itu, masalah tersebut juga bisa disebabkan oleh besarnya tegangan benang pada sekoci dan putaran benang bawah yang kebalik (seharusnya putaran kumparan benang berlawanan arah jarum jam). Terakhir bisa disebabkan karena jalur benang yang tidak sempurna saat melewati rumah sekoci.

Bagaimana solusinya?

Simple…. Pertama, silahkan periksa pemasangan spul benangnya pada sekoci. Jika kalian menarik benang, maka pastikan arah putaran spul berlawanan arah jarum jam. Yang kedua adalah dengan memastikan jalur benang bawah yang telah terpasang melewati rumah sekoci dengan benar.

5. Hasil jahitan yang kendur alias tidak kuat

Masalah yang satu ini bisa saja disebabkan benang atas dan bawah pada mesin jahit yang tidak seimbang dikarenakan kencang sebelah.

Olehnya itu, cara mengatasi hal yang seperti ini adalah dengan menyesuaikan tegangan benang di atas hingga menjadi seimbang dengan tegangan benang bawah. Nah, jika benang atas ternyata kendur, maka putarlah ke kanan pengatur tegangan benang atas, hingga hasil jahitan menjadi kuat dan kencang rata. Sebaliknya, kalau benang atasnya yang  terlalu kencang, maka putar ke kiri pengatur tegangan benang atas, hingga  hasil jahitan kuat dan kencang rata.

6. Hasil jahitan yang mengerut dan tidak merata

Hasil jahitan yang tidak rata dan loncat- loncat disebabkan karena tumpulnya jarum pada mesin jahit, sehingga mesin menjadi bermasalah dan tentunya tidak tajam lagi. Saat jarum tersebut jatuh pada sela- sela kain yang dijahit, maka hasilnya jahitan akan normal.

Namun, ketika yang jatuh tersebut adalah jarum yang tumpul, maka kain akan tertarik ikut benang tumpul dan terjadi lah kerutan pada kain jahitan. Itulah sebabnya hasil jahitan menjadi kerut dan meloncat-loncat.

Yah cara ngatasinnya yah tinggal ganti aja jarumnya ke jarum jahit baru lagi, harganya tidak seberapa loh pemirsa. Senantiasalah memilih jarum yang berkualitas demi terciptanya hasil yang baik dan berkualitas tinggi pula.

Nah, sampai di sini artikel kali ini yah pemirsa, semoga bermanfaat dan salam sukses..

Terima kasih