Penting Mana sih? Otak Kiri Atau Kanan? Berikut Penjelasannya

Sudah sepatutnya kita bersyukur sebagai manusia yang diciptakan dalam sebaik-baik bentuk, mulai dari pancaindra yang mempunyai banyak fungsi dan kegunaan, hati untuk bersyukur akan nikmat-Nya dan salah satunya otak (otak kiri dan kanan) untuk berfikir, memahami, mengetahui hal-hal baru dan masih banyak lagi fungsinya yang tidak bisa saya sebut satu persatu.

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur” (An-Nahl:78)

Sekarang kita berbicara masalah otak dimana sudah banyak orang yang memperbincangkan hal ini. Entah, banyak diantara mereka yang mengagung-agungkan otak kanan dan mengkerdilkan peran otak kiri. Namun sebenarnya, peran kedua belahan otak kita ini sangatlah penting. Ingat!! tidak ada sesuatu yang sia-sia diciptakan oleh Allah di muka bumi ini. Maka dari itu, artikel ini membahas tentang pentingnya peranan kedua otak ini sehingga tidak ada lagi deskriminasi antara kedua otak ini.

1. Faktanya kedua otak kita aktif setiap waktu

Otak kita sebenarnya aktif setiap saat
Otak kita sebenarnya aktif setiap saat

Penelitian menyatakan bahwasanya kedua otak kita ini aktif pada setiap waktu dan aktifitas. Contohnya ketika sedang berkomunikasi, otak kiri digunakan untuk mengolah bahasa (verbal) yang kita dengar. Di samping itu, otak kanan juga aktif dalam memproses nada, volume, dan jeda dari komunikasi tersebut.

2. Menggunakan kedua belahan otak jauh lebih baik

Ternyata menggunakan kedua belahan otak kita justru jauh lebih baik dan hebat ketimbang satu belahan saja. Hal ini dikarenakan otak kita saling menguatkan dan saling terhubung satu sama lain untuk mengolah informasi dan menghasilkan suatu pemikiran.

Secara pribadi, saya pun menggunakan kedua belahan otak saya untuk melakukan aktivitas. Otak kanan ketika ingin menemukan ide dan otak kiri ketika belajar matematika. Hehehe, maklum….. saya juga peserta olimpiade matematika.

baca juga: Jangan Jadi Pesimis! Ini 8 Persamaan Pesimis dan Pengemis

Jadi pesan saya, asahlah kedua belahan otak anda karena dua otak lebih baik dari satu otak saja. Kan tidak ada salahnya kalau diasah.

3. Otak kanan penting dalam hal penemuan ide, sedangkan kiri…..

otak kanan hebat dalam menemukan ide
Otak kanan hebat dalam menemukan ide

Sudah tidak diragukan lagi, peranan otak kanan memang bagus dalam penemuan ide/hal baru, namun semuanya itu perlu ada penindaklanjutan oleh  otak kiri agar ide/hal baru tersebut bisa berkembang dengan baik dan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Olehnya itu, peranan kedua belahan otak tersebut sangatlah penting. Sekali lagi, otak kanan untuk menemukan ide dan otak kiri untuk melakukan action.

4. Benarkah otak kanan lebih baik dari otak kiri?

Jika saya menjawab pertanyaan tersebut, maka jawabannya tentu tidak. Yah, kedua belahan otak mempunyai fungsi dan kelebihan masing-masing sehingga yang satu tidak lebih baik dari yang lain. Olehnya itu, yang paling baik adalah menggunakan kedua-duanya.

Berdasarkan dari buku yang pernah saya baca, katanya kesuksesan 80% dipengaruhi oleh otak kanan. Apa benar begitu?

Mari kita lihat BJ. Habibie, beliau adalah penemu hak paten yang sukses dan ternyata mempunyai IQ yang tinggi. Bagaimana? Dan masih banyak lagi orang yang mempunyai IQ tinggi ikut andil dalam persaingan. Sedangkan para pebisnis diyakini mempunyai EQ yang tinggi.

Jadi intinya, kedua belahan otak kita mempunyai kelebihan dan fungsi masing-masing, sehingga yang satu tidak lebih baik dari yang lain.

Baca juga: 20 Perbedaan otak kiri dan kanan

5. Otak kiri bisa lebih kreatif loh!

Pemikiran bahwa otak kiri adalah otak logika, rasional, linear dan sebagainya dan otak kanan otak kreatif, imajinatif,  lateral dan sebagainya memang benar. Akan tetapi kita dapat menjadi sangat kreatif dan lateral dengan menggunakan tahap-tahap, pola dan variasi yang logis. Buku karya Edward de Bono tentang Berpikir Lateral, mengingatkan kita bahwa seseorang dapat menggunakan sisi otak kiri untuk menjadi kreatif.

6. Menyeimbangkan kedua belahan otak

Poin ini tidak lain adalah kesimpulan dan saran saya kepada kalian semua untuk senantiasa mengasah kedua belahan otak anda. Tidak ada salahnya kan kalau kita mengasah keduanya? Ingat!! tidak menutup kemungkinan anda nanti akan sangat membutuhkan kemampuan salah satu belahan otak anda yang jarang bahkan tidak pernah diasah. Saya ulangi, tidak ada sesuatu yang diciptakan oleh Tuhan sia-sia, semuanya ada guna, tujuan dan manfaatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *